21/09/2020, 11:54 AM
Beranda Bali Jembrana Dampak Corona, Penguna Jasa Penyebrangan Turun

Dampak Corona, Penguna Jasa Penyebrangan Turun

GILIMANUK, balipuspanews.com- Wabah virus covid-19 atau corona memang berdampak luas. Termasuk juga terhadap pengunan jasa penyebrangan di selat Bali.

Jika menjelang hari raya Nyepi tahun-tahun sebelumnya penguna jasa penyebrangan terutama yang keluar Bali jauh-jauh hari sudah ramai, bahkan sering terjadi antrean panjang kendaraan, kali ini tampak sepi. Penguna jasa baik penumpang maupun kendaraan yang menyebrang ke menurun karena banyak warga pendatang yang tidak mudik atau tetap berada di Bali saat hari raya Nyepi. Mereka engan mudik karena adanya himbauan untuk tidak mudik guna mencegah penyebaran virus corona. Selain itu juga karena ada edaran untuk tidak bepergian atau tetap diam dirumah. Hanya pada Selasa (24/3) dini hari sempat terjadi lonjakan penguna jasa yang menyebrang ke Jawa dan terjadi antrean kendaraan di depan loket tiket.tetapi antrean itu tidak sampai memanjang dan menjelang pagi sudah habis disebrangkan. Setelah itu arus penguna jasa penyebrangan kembali normal dan terkadang cukup ramai namun lancar. “Di jalan juga sepi. Saya dari Denpasar sampai di Gilimanuk hanya satu setengah jam. Biasanya bisa sampai empat jam,” Hartini warga Banyuwangi. Sedangkan pengunan jasa yang masuk Bali sangat sepi. Kapal-kapal yang berlayar dari pelabuhahn Ketapang hanya membawa beberapa klendaraan dan penumpang. “kapal yang saya tumpangi tadi malam hanya beruisi dua orang penumpang. Di Ketapang sepi sekali,” ujar Dewi asal Buleleng.
Dari data penyebrangan, penumpang yang menyebrang ke Jawa tercatat hanya 461 orang, sepeda motor 759 unit, mobil kecil 1721 unit dan truk serta bus sebanyak 2430 unit. General  Menager PT ASDP Indonesia Ferry Region III, Fahmi Alweni, ketika dikonfirmasi mengatakan, memang untuk pengguna jasa penyebrangan hari raya Nyepi tahun ini menurun disbanding tahun sebelumnya. Penurunanya cukup signifikan akibat danpak dari wabah virus corona. “Penurunanya cukup signifikan. Namun berapa persen penurunanya saya belum tahu datanya. Ini terjadi karena dampak virus corona itu,” ungkapnya.(nm/bpn/tim)

- Advertisement -

Polisi Masih Selidiki Penyebab Kematian Bule Perancis di Kamar Villa

MANGUPURA, balipuspanews.com - Jajaran Polsek Kuta Utara masih menyelidiki penyebab kematian turis asal Perancis, Frederic Jean Joseph Pougalut (48) yang ditemukan tewas di kamar...

Turis Wanita Asal Ukraina Dijambret di Jalan Raya Semer, Pelaku Masih Dikejar Polisi

KUTA UTARA, balipuspanews.com - Usai galungan, jambret kembali beraksi. Kali ini menimpa seorang turis wanita asal Ukraina, berinisial DB. Korban terjatuh dan luka-luka setelah...
Member of
Dewan Pers

Download Balipuspanews
Google Play