Dampak Covid-19, Pelangi Tabanan Kite Festival III Ditiadakan

Ketua Umum Pelangi Tabanan I Made Edi Wirawan, SE.
Ketua Umum Pelangi Tabanan I Made Edi Wirawan, SE.

TABANAN, balipuspanews.com – Sejak tiga tahun lalu Persatuan Layang-layang Indonesia (Pelangi) Kabupaten Tabanan secara rutin menyelenggarakan ajang lomba layang-layang yang bertajuk Pelangi Tabanan Kite Festival.

Artinya, ajang lomba layang-layang yang biasanya berlangsung disekitar DTW Tanah Lot atau Pantai Nyanyi tersebut telah terselenggara dua kali. Atau semestinya tahun ini ajang lomba layang-layang ini terselenggara untuk yang ketiga kalinya.

Namun karena kondisi masih dalam pandemi covid-19, ajang Pelangi Tabanan Kite Festival ketiga atau untuk tahun ini terpaksa ditiadakan. Hal tersebut diungkapkan Ketua Umum Pelangi Tabanan I Made Edi Wirawan, SE., Minggu (9/8).

“Dengan penuh penyesalan saya sampaikan bahwa Pelangi Tabanan Kite Festival ketiga yang semestinya berlangsung pada bulan Juni atau pada saat liburan kenaikan kelas,” ungkapnya.

Disebutkannya, ditiadakannya Pelangi Tabanan Kite Festival III ini murni karena kondisi pandemi covid-19. Terutama juga dalam mengikuti himbauan dari pemerintah dalam mencegah penyebaran virus corona.

“Pengalaman penyelenggaraan Pelangi Tabanan Kite Festival I dan II, peserta dan penontonnya membludak sehingga sangat berpotensi menimbulkan kerumunan,” jelasnya.

Edi Wirawan yang juga anggota Fraksi PDIP DPRD Tabanan ini juga mengatakan tidak akan merubah cara lomba layang-layang ini dengan cara virtual.

Edi Wirawan kemudian berharap agar pandemi covid-19 ini segera berlalu dan kondisi kehidupan bisa berjalan normal. Sehingga paling lambat pada pertengahan tahun 2021 yang akan datang, Pelangi Tabanan Kite Festival III bisa terselenggara kembali.

Penulis : Ngurah Arthadana

Editor : Oka Suryawan