Jumat, April 19, 2024
BerandaBulelengDapat Jatah 3.590 Dosis Vaksin Covid-19, Nakes Jadi Disasar Terlebih Dulu

Dapat Jatah 3.590 Dosis Vaksin Covid-19, Nakes Jadi Disasar Terlebih Dulu

BULELENG, balipuspanews.com – Setelah sampai di Bali pembagian vaksin ke masing-masing Kabupaten mulai dilakukan.

Informasi awal Kabupaten Buleleng akan menerima jatah sebesar 3.590 dosis vaksin covid-19 dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bali.

Selanjutnya vaksin tersebut sudah direncanakan akan menyasar terlebih dulu tenaga kesehatan yang ada di Kabupaten Buleleng.

Hal itu disampaikan Sekretaris Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 yang juga Sekda Buleleng, Bali Gede Suyasa saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (6/1/2021).

Ia menyampaikan bahwa saat ini Buleleng telah dijatah 3.590 dosis vaksin covid-19. Jumlah itu direncanakan akan digunakan untuk memvaksin tenaga kesehatan (nakes) yang ada.

Baik itu di rumah sakit (RS) pemerintah maupun RS swasta, dan termasuk klinik-klinik serta apotek yang ada di sana. Dimana para pendukung seperti apoteker disebut dengan nakes pendukung.

“Kita vaksin nakes dan nakes pendukung terlebih dahulu,” jelasnya.

Ia menambahkan saat ini di Buleleng tempat vaksinasi akan disiapkan sebanyak 22 titik yang terdiri dari seluruh puskesmas yang siap dan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Buleleng.

BACA :  Dharma Santi Nyepi, Pj Gubernur Ajak Masyarakat Mayasa Kerthi

Nantinya, tenaga vaksinasi akan dibagi menjadi dua shift dengan tenaga vaksinasi berjumlah 14 orang. Sehingga masing-masing shift berjumlah tujuh orang. Diharapkan semua nakes bisa divaksin.

“Iya semua. tidak ada pengecualian. Nakes di RS swasta dan RS pemerintah,” sebutnya.

Tak hanya itu, Ia bahkan mengatakan pendaftaran sudah dilakukan melalui aplikasi.

Dengan telah disiapkannya aplikasi nantinya bisa dilakukan verifikasi. Nanti yang sudah masuk pendataan tersebut akan mengetahui lokasi vaksinasinya. Aplikasi tersebut akan langsung menyediakan lokasinya.

Saat ini hanya menunggu jadwal yang pasti dari Pemprov Bali. Pemerintah kabupaten/kota menunggu jadwal pendistribusian vaksin.

“Sekarang kita masih menunggu jadwal,” singkatnya.

Sebelumnya, sembari menunggu kedatangan vaksin, fasilitas penyimpanan vaksin covid-19 dipersiapkan oleh Pemerintah Kabupaten Buleleng.

Gudang farmasi milik Dinas Kesehatan (Dinkes) Buleleng akan dijadikan tempat penyimpanan tersebut. Letaknya di Jalan Serma Karma, Desa Baktiseraga, Kecamatan Buleleng.

“Pengalaman sebelumnya, kita biasanya lebih banyak menyimpan untuk kegiatan vaksin lainnya. Tidak terlalu sulit saya rasa. Karena jumlahnya 3.500an dosis,” tutupnya.

BACA :  Penjual dan Pengguna Narkoba Diringkus Polres Buleleng, Sembunyikan Paket di Helm

Penulis : Nyoman Darma 

Editor : Oka Suryawan

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -
- Advertisment -
TS Poll - Loading poll ...

Most Popular