Darurat Kesehatan, Himbauan Gubernur Koster Ditingkatkan Jadi Instruksi

Gubernur Koster
Gubernur Koster

DENPASAR, balipuspanews.com – Satgas Penanggulan COVID 19 menyatakan himbauan Gubernur Bali, Wayan Koster meningkat menjadi instruksi.

“Substansi dari instruksi Gubernur ini adalah lebih tinggi tingkatannya dari yang dilakukan sebelumnya. Kita tahu bersama bahwa selama ini Pemerintah provinsi Bali terus mengeluarkan surat edaran mengeluarkan himbauan dan juga ajakan tapi dengan instruksi ini maka Bapak Gubernur tidak lagi menghimbau tetapi menginstruksikan, jadi ini tentu lebih kuat tekanannya daripada himbauan,” kata Sekretaris Daerah (Sekda) provinsi Bali, yang juga bertindak selaku Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Bali Dewa Made Indra, Kamis (2/3/2020).

Lebih jauh, kata Dewa Indra masalah instruksi itu sudah diumumkan oleh Gubernur Bali, Wayan Koster menggumumkan instruksi Gubernur Bali nomor 8551 tahun 2020 tanggal 1 April tahun 2020.

“instruksi Gubernur ini tentang penguatan pencegahan dan penanganan covid-19 di provinsi Bali. Kata penguatan karena sesungguhnya upaya pencegahan dan covid- 19 itu selama ini telah kita laksanakan bersama-sama,” ujarnya.

Dasar peningkatan instruksi itu tak terlepaskan dari Presiden Jokowi telah mengambil kebijakan baru mengumumkan Keppres tentang keadaan darurat kesehatan masyarakat menghadapi covid-19 dan juga peraturan pemerintah tentang pembatasan sosial berskala besar maka pemerintah provinsi Bali meresponnya dengan mengambil tindakan-tindakan yang lebih tegas lagi yakni memberikan instruksi Gubernur Bali tentang penguatan pencegahan dan penanganan covid-19.

“Apa yang diinstruksikan oleh Beliau kontennya adalah sama yakni tentang bekerja dari rumah, belajar dari rumah, tentang beribadah dari rumah, tentang penghentian kegiatan-kegiatanb hiburan, kegiatan yang menyebabkan keramaian dan mengumpulkan orang banyak,”katanya

Instruksi ini juga berisi permohonan kepada Pangdam IX Udayana, kapolda Bali untuk melakukan pengawasan pelaksanaan instruksi ini di lapangan.

“Artinya ketika warga masyarakat kita tidak mengikuti dengan baik instruksi ini maka aparat penegak hukum dapart melakukan tindakan-tindakan yang tegas,”ujarnya.

“Kamai memohon pada masyarakat untuk mengikuti instruksi Gubernur ini dengan baik, mengikutinya dengan ketaatan, disiplin dan tanggung jawab agar covid-19 bisa kita kendalikan. Caranya yang paling kuat adalah disiplin menjga jarak, disiplin menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat. jika itu kita bisa lakukan bersama maka sesungguhnya covid- 19 ini bisa kita kurangi penyebarannya pada tingkat yang lebih rendah,” jelasnya.(art/BPN/tim)