Senin, Juni 24, 2024
BerandaGianyarDBD Meningkat, Pemkab Gianyar Gelar Gertak PSN

DBD Meningkat, Pemkab Gianyar Gelar Gertak PSN

GIANYAR, balipuspanews.com
Guna pencegahan dan penanggulangan penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) di Kota Seni, Pemkab Gianyar menggelar Gerakan Serentak Pemberantasan Sarang Nyamuk (GERTAK PSN) yang dipusatkan di Wantilan Pura Puseh, Banjar Penestanan Kaja, Desa Sayan, Ubud, Selasa (14/5/2024).

Kegiatan yang melibatkan seluruh elemen masyarakat mulai dari tokoh masyarakat, kader JUMANTIK dan masyarakat setempat tersebut dibuka secara langsung oleh Pj. Bupati Gianyar, I Dewa Tagel Wirasa, dilanjutkan dengan mendatangi keluarga yang terkena DBD.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Gianyar, Ni Nyoman Ariyuni mengatakan, perkembangan penyakit DBD di kabupaten Gianyar mengalami peningkatan. Berdasarkan data, kasus DBD di tahun 2023 tercatat sebanyak 1.142 kasus, sedangkan Januari sampai April tahun 2024 telah mencapai angka 1.658 kasus.

“Jumlah kasus DBD per-bulan tahun 2024 telah terjadi peningkatan, dimana pada bulan Januari 294 kasus, Pebruari 266 kasus, Maret 437 kasus dan meningkat lagi di bulan April tercatat 661 kasus. Sehingga sangat dibutuhkan kewaspadaan seluruh masyarakat,” ujar Nyoman Ariyuni.

BACA :  Menko PMK Minta Pemda Tancap Gas Kerja Keras Percepat Pengukuran dan Intervensi Pencegahan Stunting

Berbagai upaya pencegahan dan pengendalian yang dilakukan, pada akhir tahun 2023, telah dilaksanakan fogging masal dengan menggunakan mesin Ultra Low Volume (ULV), serta diawal tahun 2024 Pemerintah Kabupaten Gianyar juga telah mengeluarkan Surat Edaran Sekretaris Daerah (Sekda), pada tanggal 5 Januari 2024 tentang kewaspadaan peningkatan kasus penyakit DBD guna meningkatkan peran serta masyarakat dalam melakukan pencegahan DBD.

Selain itu, juga dilakukan kegiatan PSN dengan 3M Plus oleh kader JUMANTIK bersama OPD pengampu desa binaan dan fogging fokus apabila terjadi kasus di 4 sampai dengan 6 lokus dalam satu hari serta pemberian edukasi kesehatan secara langsung, melalui media sosial maupun iklan layanan masyarakat.

“Upaya pencegahan yang efektif adalah gerakan masif bersama-sama melaksanakan pemberantasan sarang nyamuk (PSN) dengan 3M Plus, serta dibutuhkan aksi nyata dengan melibatkan masyarakat untuk melakukan pemberantasan sarang nyamuk,” lanjutnya.

Sementara itu Pj. Bupati Gianyar, I Dewa Tagel Wirasa mengatakan dalam upaya pencegahan dan pemberantasan penyakit DBD, berbagai cara telah dilaksanakan dengan melibatkan lintas sektor dan masyarakat namun pelaksanaannya belum optimal.

BACA :  Pemkot Denpasar Genjot Digitalisasi Belanja Daerah Lewat KKPD

Oleh sebab itu, maka sangat dibutuhkan dukungan masyarakat dalam melaksanakan gerakan serentak bergotong royong menjaga kebersihan lingkungan, termasuk pemberantasan sarang nyamuk (PSN).

PSN dengan 3M Plus sangat efektif dalam upaya pencegahan dan penanggulangan penyakit DBD.

“Mari bersama-sama lakukan dengan menutup rapat semua tempat penampungan air, menguras bak air dan mendaur ulang barang-barang bekas yang bisa menjadi tempat perindukan nyamuk, ditambah dengan mencegah perkembangbiakan maupun nyamuk. Mari waspada demam berdarah, lakukan PSN 3M Plus secara rutin, lindungi diri dan keluarga,” harap Dewa Tagel Wirasa.

Penulis: Kadek Adnyana
Editor: Oka Suryawan

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -

Most Popular