Dekranasda Kota Denpasar Terus Dorong Promosi Produk IKM di Masyarakat

Pembuatan Video Konten Industri Kecil Menengah (IKM) tahun 2022, sebagai bentuk dukungan dan dorongan terhadap kiprah para pelaku IKM, Senin (5/12/2022)
Pembuatan Video Konten Industri Kecil Menengah (IKM) tahun 2022, sebagai bentuk dukungan dan dorongan terhadap kiprah para pelaku IKM, Senin (5/12/2022)

DENPASAR, balipuspanews.com – Berbalut visi “Cinta Produk Dalam Negeri”, Pemkot Denpasar melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) dan Dekranasda Kota Denpasar memprakarsai sebuah kegiatan, yakni Pembuatan Video Konten Industri Kecil Menengah (IKM) tahun 2022, sebagai bentuk dukungan dan dorongan terhadap kiprah para pelaku IKM, Senin (5/12/2022).

Kegiatan ini juga dijadikan sebagai ajang promosi produk yang memiliki potensi unggulan di Kota Denpasar.

Terlibat dalam pembuatan video konten itu, Wakil Ketua Dekranasda Kota Denpasar, Ny. Ayu Kristi Arya Wibawa dan juga Wakil Ketua Harian Dekranasda Kota Denpasar, Ny. Ida Ayu Widnyani Wiradana.

Pada kesempatan ini, terdapat 3 pelaku IKM yang berkesempatan dikunjungi dan turut terlibat dalam kegiatan itu. Antara lain, IKM pengrajin Baliwa Songket, produsen Dupa Herbal Ayur, dan juga produsen produk kecantikan tubuh Denara Spa.

Saat pembuatan video itu, kepada para pelaku IKM Ny. Ayu Kristi menyatakan kekaguman terhadap kiprah para pelaku IKM itu.

“Sepak terjang para pelaku IKM ini dalam menjalankan usaha mereka patut diacungi jempol. Merintis usaha lalu mempertahankan sehingga dapat eksis berjalan terus menerus merupakan hal luar biasa. Sebagai potensi unggulan Kota Denpasar, tentu kita harus dukung upaya mereka,” tutur Ny. Ayu Kristi.

Pembuatan video konten ini dengan langsung menyambangi lokasi para pelaku IKM, lanjut Ny. Ayu Kristi juga bisa dikatakan sebagai bentuk dukungan nyata Pemkot Denpasar terhadap pemberdayaan IKM di Kota Denpasar.

“Mudah-mudahan melalui video konten yang akan dipublikasikan ke masyarakat, ajang promosi produk IKM ini dapat semakin mendapatkan jalan lebar. Sehingga masyarakat menjadi lebih tahu bahwa di Kota Denpasar terdapat potensi unggulan yang memiliki kualitas dan inovasi yang baik,” harapnya.

Pengrajin Baliwa Songket, I Ketut Ardanen yang menerima kunjungan rombongan berterimakasih kepada pihak Pemkot Denpasar atas segala bentuk motivasi dan dukungan yang diberikan.

“Sebagai pengrajin bukan hal mudah juga bagi kami untuk tetap dapat bertahan apalagi di tengah kondisi seperti sekarang. Namun, dengan segala dukungan dan motivasi yang diberikan Pemkot Denpasar melalui Dekranasda, Baliwa Songket telah banyak mendapat kesempatan untuk berpromosi baik melalui pameran maupun video konten seperti ini,” ucap Ketut Ardanen.

Kepala Dinas Perindag Kota Denpasar, Ni Nyoman Sri Utari menegaskan, pihak Pemkot Denpasar secara konsisten terus mendorong tumbuhnya sektor industri dalam negeri sebagai upaya menekan produk impor.

“Maka melalui pembuatan Video Konten IKM 2022 kali ini, kami sekaligus ingin mendorong masyarakat untuk dapat lebih menggunakan produk lokal karena secara kualitas juga memiliki daya saing yang baik,” pungkasnya.

Penulis: Gde Candra

Editor: Oka Suryawan