Delapan Atlet Wushu Buleleng, Sabet Gelar Juara Dalam Event Pusaka Tantra

Atlet Wushu Junior Buleleng saat menunjukan piagam juara pada Event Pusaka Tantra
Atlet Wushu Junior Buleleng saat menunjukan piagam juara pada Event Pusaka Tantra

BULELENG, balipuspanews.com – Pandemi Covid-19 tidak menyurutkan semangat Atlet Wushu Indonesia (WI) Kabupaten Buleleng untuk ikut terlibat dalam Kejuaraan Pusaka Tantra Open Virtual Wushu Turnament tahun 2021 yang diselenggarakan Pengprov Wushu Bali, mulai 10 hingga 17 Mei 2021 dan diikuti oleh 20 peserta secara virtual.

Alhasil dalam event tersebut delapan atlet Wushu Buleleng berhasil meraih juara dan mengantongi mendali.

Ketua Pengkab WI Kabupaten Buleleng, Agung Nana Dharma Yadnya menyampaikan apa yang diraih oleh atlet-atlet tersebut tidak lepas dari latihan dan kerja keras yang selama ini dilakukan. Meskipun ditengah pandemi program latihan dari Pengkab WI Kabupaten Buleleng tetap dilakukan dengan protokol kesehatan yang ketat agar para atlet tetap terjaga kesehatannya untuk mengikuti berbagai event kedepannya.

Baca Juga :  Petani di Desa Bengkala Diajak Menanam Jagung Sorghum

Apalagi kali ini delapan atletnya berhasil meraih prestasi yang cukup membanggakan dalam event Pusaka Tantra Open Virtual Wushu Turnament tahun 2021.

Sehingga kedepan akan lebih banyak lagi memberi kesempatan bagi atlet Wushu Buleleng untuk terlibat dalam segala event baik itu bertaraf regional maupun nasional.

“Tentu dengan tambahan prestasi ini pula kita optimis nanti ada target supaya atlet kita bisa masuk menjadi atlet nasional atau masuk pelatnas,” harapnya.

Tak hanya itu dirinya juga menyampaikan dari prestasi tersebut kini pihaknya terus menyiapkan atlet-atletnya dengan melakukan latihan secara rutin yang digelar setiap hari Selasa, Kamis, Sabtu, dan Minggu.

Sehingga event yang sebelumnya diikuti juga dijadikan sebagai ajang batu loncatan untuk para atletnya sekaligus sebagai ajang evaluasi perkembangan atlet yang akan dipilih maju ke Porprov nantinya.

Baca Juga :  Sekda Buleleng Tinjau Pelaksanaan Seleksi PPPK Guru Tahun 2022

“Nah kita terus gunakan event-event virtual itu untuk menyeleksi secara tidak langsung dan siapakah yang akan kita bawa ke Porprov Bali selanjutnya,” imbuhnya.

Sementara itu saat disinggung soal target untuk Porprov dirinya menargetkan nantinya Wushu Buleleng minimal bisa meraih dua besar. Apalagi melihat perkembangan dan kemampuan atlet-atletnya yang sebelumnya telah berhasil meraih beberapa prestasi.

“Kalau gambaran kami untuk porprov kedepannya bisa masuk dua besar, sementara untuk di PON kita belum bisa memastikan,” tandasnya.

Untuk diketahui nama-nama atlet Wushu yang berhasil berprestasi di ajang Pusaka Tantra Open Virtual Wushu Turnament yakni ada peraih mendali emas bernama Vili Vonso Hartono yang turun di nomor Nan Quan B dan nomor Doushu B serta Vano Artha Satya di nomor Doushu B.

Baca Juga :  Wawasan Kebangsaan Digaungkan Menjelang Pemilu 2024

Untuk peraih mendali perak yakni Windu Mulia Dinata di nomor Nan Quan B, Olga Sridita Putri di nomor Nan Quan B Putri, dan Agastya Budiani di nomor Jianshu C.

Untuk peraih mendali perunggu ada delapan orang atlet yakni Vano Artha Satya dan Cantika Divia di nomor Chang Quan, Muhamad Sultan di nomor Wubu Quan, Dayu Kade Krisna Santi di nomor Taichi B, Dwie Safiriani di nomor Chang Quan B, Wino Arta Wiguna di nomor Doushu, Cantika Divia di nomor Jianshu C, dan Agastya Krisna Budiani di nomor Qiang Shua C. Penyerahan hadiah dilakukan pada Minggu (30/5/2021) di Lovina, Buleleng.

Penulis : Nyoman Darma
Editor : Oka Suryawan