Demer kiri bersama bupati Bangli Made Gianyar dan ketua KPU bangli putu Pujawan
Demer kiri bersama bupati Bangli Made Gianyar dan ketua KPU bangli putu Pujawan

BANGLI, balipuspanews.com- Mendaftarnya tokoh berpengaruh di Bangli seperti adik bupati Bangli Made Subrata, Sekda Bangli IB Giri Putra, mantan ketua DPRD Bangli Ngakan Kutha Parwata untuk mengikuti penjaringan calon bupati dan calon wakil bupati lewat partai Golkar dinilai sebagai kejutan oleh Plt ketua DPD Golkar Bali Gde Sumarjaya Linggih alias Demer.

Menurut Demer, dinamika politik di Bali, khususnya di Bangli tampak menggembirakan dengan adanya surprice (kejutan).

Politikus senior Golkar itu menyebutkan, dilihat dari mereka yang mendaftar, merupakan tokoh- tokoh yang memiliki basis massa yang tidak lagi diragukan.

“Kedua tokoh ini benar-benar memiliki massa dan elektibitas yang baik. Kadang ada orang vaforit, namun tidak memiliki massa,” ungkapnya.

Melihat ketokohan dua pasang calon yang sudah mendaftar, Demer pun tidak sabar akan melihat hasil dari proses selanjutnya berupa hasil survei dari masing-masing kandidat.

“Bersiap melihat survei siapkan yang terbaik,” imbuhnya, Senin (23/12/2019).

Banyaknya figur partai Golkar yang bakal bertarung pada perhelatan gong demokrasi Pilkada serentak di enam kabupaten/kota di Bali, dirinya menargetkan bisa menempatkan kader-kadernya sebagai pemimpin di wilayah masing-masing.

Dirinya menyebut, dari target ini, agar ada keterwakilan tokoh di eksekutif untuk menyererap aspirasi rakyat atau masyarakat untuk diperjuangkan apa yang menjadi kebutuhan rakyat.

“Kami melihat Bangli menggeliat, tunggu hasil survei nanti. Bangli mencari pemimpin yang terbaik, yang diharapkan di Bangli,” ungkap Politisi yang kini duduk di DPR RI.

Sebagai bahan pertimbangan, selain hasil survei, pihaknya juga akan mempertimbangkan terkait keanggotaanya yang selama ini sudah berjuang di induk partai Golkar. Seperti halnya memprioritaskan kader, dengan begitu, kader akan menjiwai situasi ataupun visi misi partai dan menyerap aspirasi rakyat.

“Prinsip golkar, suara golkar suara rakyat, prioritas kader maksudnya, jika hasil survei elektabilitas tinggi langsung akan diajukan menjadi calon, kalau rendah tidak akan dipaksakan,” katanya didampingi Plt. DPD Kabupaten Bangli I Gusti Made Winuntara.

Pria asal Bumi Panji, Buleleng ini menjelaskan, terkait kegiatan hari ini, merupakan salah satu rangkaian HUT Golkar yang sebelumnya sudah dilaksanakan di kantor DPD Provinsi dan dibeberapa kantor DPD II.

Selain peringatan HUT, juga dilakukan seminar penguatan empat pilar, pasalnya ada kekhawatiran tentang empat pilar yang perlu penguatan ke daerah-daerah.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua Plt. DPD Partai Golkar Provunsi Bali didampingi pula oleh, Dewa Widiasa Nida yang merupakan elit partai yang duduk di struktur Dewan Pimpinan Pusat (DPP), Ketua Pemenangan Pilkada Provinsi Bali, Made Dauh Wijana, Ketua KPG, serta beberapa elit partai golkar.

“Golkar Bangli ada tanda kecerahan, kuningnya bersinar. Kami berharap kepada kader untuk bersama membangun agar menjadi kekuatan Bangli,”sebutnya.

Demer tidak menampik terhadap adanya masukan. Kritik itu penting, asalkan kritik membangun dan proporsional, justru kritikan menjadi pemicu pendewasaan.

“Ketika seorang raja tidak ada seorang yang mengkritisi, seketika itu mulai awal dari kehancuran kerajaan tersebut,” kelakarnya, mengakhiri.(bud/bas)