Demi Protokol Kesehatan, Pemkab Gratiskan RPH

Pemotongan hewan kurban di RPH
Pemotongan hewan kurban di RPH

NEGARA, balipuspanews.com – Hari raya Idul Adha yang dilaksanakan di masa pandemi covid-19, penerapan protokol kesehatan tetap harus dilakukan. Tidak mau mengambil resiko protokol kesehatan diabaikan, Pemkab Jembrana menyediakan rumah potong hewan (RPH) untuk memotong hewan kurban.

Tempat pemotongan hewan milik Pemkab Jembrana yang berada di kelurahan Lelateng, Negara itu disediakan untuk pemotongan hewan kurban gratis. Ini dilakukan dalam rangka menjaga protokol kesehatan selama pelaksanaan adaptasi kebiasaan baru. Pemotong hewan gratis itu disediakan untuk pemotongan kurban bagi masjid dan kelompok rukun Islam yang memotong kurbannya.

“Untuk hari raya Idul Adha ini kami memberikan kebijakan bahwa biaya pemotongan di ROH ini,” ujar Kasi Kesmavet dinas Pertanian dan Pangan dan Pemkab Jembrana I Gede Adhi Adnyana.

Digratiskannya pemotongan hewan di RPH itu, membuat jumlah hewan yang dipotong mengalami peningkatan. Jika hari bisa pemotongan yang dilakukan hanya untuk memenuhi kebutuhan daging di pasar sekitar 4 sampai 5 ekor, Jumat ini hewan yang dipotong lebih dari 10 ekor.

“Kebijakan ini i akan berlanjut sampai besok hingga lusa,” ucapnya.

Beberapa pengurus masjid dan kelompok rukun Islam memang memilik ih memotong hewan kurban mereka di rumah potong milik pemerintah ini. Selain bersih dan higienis. Memotong hewan kurban di RPH itu bisa tetap menerapkan protokol kesehatan.

“Kalau memotong hewan di masjid atau di tempat terbuka maka akan banyak masyarakat yang menonton sehingga terjadi kerumunan. Apalagi di masa covid ini kita diwajibkan harus jaga jarak menghindari kerumunan kalau di sini kan petugasnya terbatas Kalau di RPH ini protokol kesehatan bisa diterapkan dan tidak ada kerumunan,” ujar Yancehera, pengurus rukun Qifayah al Husnul kelurahan Lelateng.

Penulis : Anom

Editor : Oka Suryawan