Dewa Gde Agung Darma Yasa
Dewa Gde Agung Darma Yasa

GIANYAR, balipuspanews.com – karena banyaknya manfaat yang sudah didapat oleh Dewa Gde Agung Darma Yasa (35) sekeluarga membuat cara padandangnya terhadap program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) lebih mantap, pengalamannya tersebut ingin ia sampaikan kepada peserta lainnya agar peserta JKN-KIS maupun masyarakat yang belum menjadi peserta dapat mengerti bahwa menjadi peserta JKN-KIS adalah sesuatu hal yang wajib seperti apa yang tertuang dalam ketentuan yang berlaku.

“Semenjak menjadi peserta JKN-KIS saya telah berpikir bahwa program ini sangat penting untuk proteksi diri, hal tersebut semakin terbukti ketika kami sering mendapatkan manfaat dari JKN-KIS ketika berobat,” ungkap Degung, sapaan akrabnya.

Pertama kali menjadi peserta, ia mendaftarkan diri sebagai Peserta Bukan Penerima Upah (PBPU) atau peserta mandiri yang membayar sendiri rutin perbulan, tetapi semenjak ia bekerja, akhirnya kepesertaanya dialihkan menjadi Peserta Pekerja Penerima Upah (PPU) yang iurannya dibayarkan oleh perusahaan tempatnya bekerja. Beberapa kali Degung sekeluarga telah memanfaatkan jaminan dari JKN-KIS, mulai dari ia yang sempat mengalami sakit hingga harus rawat inap, istrinya yang dua kali melahirkan melalui operasi cesar, hingga mertuanya yang memang bolak-balik menjalani perawatan karena sakit kronis yang diderita.

“Karena manfaatnya yang luar biasa tersebut saya menjadi lupa bahwa iuran yang rutin saya bayarkan setiap bulannya ternyata sangat murah dan tidak sebanding dengan apa yang saya dapatkan, oleh sebab itu saya ingin berbagi kepada peserta lainnya bahwa kita wajib menaati ketentuan yang berlaku terakit dengan program ini,” lanjut Degung.

Ia bahkan selalu mengecek kitir pembayaran yang ia peroleh usai mendapatkan pelayanan dari fasilitas kesehatan. hal itulah yang mendasari pemikirannya bahwa tidak akan pernah sebanding antara apa yang ia bayarkan selama ini dengan apa yang ia dapatkan dari program JKN-KIS.

Ucapan terima kasih selalu ia sampaikan ketika menyinggung program JKN-KIS. Apresiasi juga ditujukan kepada fasilitas kesehatan yang telah memberikan pelayanan dengan baik dan tentunya program JKN-KIS yang telah menjamin seluruh biaya pengobatannya.

“Jika kita lebih berpikir terhadap manfaatnya yang luar biasa, maka berapa besarpun iuran JKN-KIS akan tetap terasa murah dan terjangkau,” ujarnya.

Penulis/Editor : DD/Putu Artayasa