Minggu, Oktober 25, 2020
Beranda Bali Buleleng Deputi Kemenko PMK Tinjau Persiapan Prodi Kedokteran dan Kawasan Sukarno Heritage

Deputi Kemenko PMK Tinjau Persiapan Prodi Kedokteran dan Kawasan Sukarno Heritage

Singaraja, balipuspanews.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buleleng secara intens menggarap dua kegiatan besar dalam bidang seni budaya pariwisata dan pendidikan.

Dua upaya tersebut, yakni pendirian Prodi Kedokteran dan juga pencanangan kawasan promosi Sukarno Heritage.

Deputi Bidang Pendidikan dan Agama Kementrian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) RI, Prof. DR. R. Agus Sartono mengunjungi langsung sarana dan prasarana penunjang, Minggu (6/8).

Agus Sartono didampingi oleh staf, Wakil Bupati Buleleng, dr. I Nyoman Sutjidra, Sp.OG dan Rektor Undiksha, DR. Nyoman Jampel, M.Pd.

Ketika ditemui usai peninjauan, Agus Sartono menjelaskan maksud dan tujuan kedatangannya ke Buleleng. Kedatangannya ke Buleleng tak lain ingin memastikan upaya Undiksha untuk memperjuangkan berdirinya Prodi Kedokteran.

Hasilnya, Undiksha nampaknya sudah sangat siap, dan itu didukung setelah melihat kesiapan dari berbagai infrastruktur dan jumlah SDM pengaja.

Ditambah dengan dukungan keberadaan RSUD Buleleng milik Pemkab Buleleng yang sudah mendapatkan akreditasi paripurna.

“Artinya tidak hanya infrastruktur pendidikan tapi teaching hospital juga sudah siap. Jadi saya kira ini suatu momen yang penting untuk segera mendorong Fakultas Kedokteran bisa berproses karena Fakultas Kedokteran ini sangat diperlukan di Bali Utara,” jelasnya.

Selain itu, dirinya mengungkapkan peninjauan ini sebagai persiapan kedatangan Menko PMK, Puan Maharani untuk menghadiri konferensi internasional dan juga pencanangan Kawasan Promosi Sukarno Heritage setelah Perayaan Hari Teknologi Nasional (Harteknas) di Makassar. Mengenai Kawasan Promosi Sukarno Heritage, merupakan sebuah komitmen yang besar dari Bupati dan Wakil Bupati Buleleng untuk membangunnya.

Bale Agung, founding father cikal bakalnya dari sana. Bagaimana dulu ibunda Sukarno berasal dari Bale Agung dan Sukarno Heritage penting untuk dibangun. Pembangunan ini menjadi sangat penting agar generasi muda mengenal sejarah sebagaimana pesan Bung Karno

“Jangan Melupakan Sejarah”. “Bayangan saya itu, Kawasan RTH Taman Bung Karno menjadi tempat untuk even-even internasional. Justru bagi saya yang sangat mengagumkan bagaimana manajemen Bapak Bupati dan wakil Bupati dengan PAD yang terbatas, mampu melakukan pembangunan yang sangat bagus,” ungkap Agus Sartono.

Sementara itu, Wabup Sutjidra yang mendamping Agus Sartono mengatakan dari Pemkab Buleleng sudah menyiapkan seluruh keperluan guna mendirikan Prodi Kedokteran khususnya untuk praktek di RSUD Kabupaten Buleleng dimana RSUD Kabupaten Buleleng sudah memenuhi syarat sebagai Rumah Sakit (RS) Pendidikan. Pimpinan daerah khususnya BUpati Buleleng, Putu Agus Suradnyana, ST sangat mendukung adanya Prodi Kedokteran.

“Kita sudah dukung secara maksimal melalui RSUD KAbupaten Buleleng sebagai RS Pendidikan,” katanya.

Dirinya menambahkan sesuai dengan apa yang dikatakan oleh Deputi, kendala administrasi sudah dapat diselesaikan. Tinggal menunggu visitasi dari Kemeristekdikti. Pihak Undiksha pun telah menyatakan kesiapannya untuk menghadapi visitasi tersebut.

“Dalam waktu dekat kemungkinan bisa diselesaikan. Harapan kita semua agar tahun depan bisa menerima mahasiswa dan kami minta doa restu dari seluruh masyarakat Buleleng,” tutupnya.

- Advertisement -

Warga Temukan Orok di Parit Areal Jogging Track Sanur Kauh

SANUR, balipuspanews.com - Penemuan orok membusuk berlangsung di pinggir parit areal jongging track di Jalan Prapat Baris, Sanur Kauh, Denpasar Selatan, Jumat (23/10/2020) sekitar...

Tak Hiraukan Teguran, Pabrik Penyulingan Daun Cengkeh Akhirnya Ditutup Paksa

Sebuah tempat usaha penyulingan daun cengkeh yang berada di Desa Padangbulia, Kecamatan Sukasada ditutup paksa oleh tim Satpol PP Kabupaten Buleleng. Hal itu dilakukan sebab pemilik tempat tidak menghiaraukan teguran petugas, sehingga Pol PP lalu bertindak tegas menutup paksa usaha penyulingan daun cengkeh yang beroperasi dan dianggap menimbulkan polusi udara.
Member of