Rabu, April 17, 2024
BerandaKarangasemDesa Adat Selat Gelar Ritual Siat Sarang Jelang Ngusaba Dalem

Desa Adat Selat Gelar Ritual Siat Sarang Jelang Ngusaba Dalem

SELAT, balipuspanews.com – Jika di Desa Adat Duda punya tradisi Siat Api dihari yang sama, Soma Kliwon, Tilem Sasih Kaulu, Senin (4/2/2019) desa adat tetangganya yaitu Desa Adat Selat, Karangasem juga punya tradisi tak kalah serunya yaitu tradisi Siat Sarang.

Tradisi Siat Sarang ini memiliki makna yang hampir sama yaitu nyomia atau menetralisir aura negatif untuk menciptakan keseimbangan alam baik sekala maupun niskala menjelang upacara Usabe Dalem.

“Tradisi ini susah dilakukan turun temurun, menjelang uapacara Usabe Dalem,” kata Bendesa Adat Selat, Jro Mangku I Wayan Gede Mustika dihadapan sejumlah awak media.

Sementara itu, dari pantauan saat berlangsungnya tradisi ini, sejumlah pemuda setempat berkumpul di pertigaan yang berada di sebelah utara Polsek Selat dibagi menjadi dua kelompok yang nantinya akan menjalani tradisi Siat Sarang ini.

Disana Sarang yang terbuat dari daun enau bekas dipergunakan sebagai alas untuk ngincuk (numbuk) jajan uli sehari sebelumnya tradisi ini berlangsung dikumpulkan untuk dijadikan sebagai senjata yang akan dilemparkan kepada lawan. ( igs)

BACA :  Polisi Ungkap Pelaku Tambahan Pencurian di Sejumlah LPD di Karangasem
RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -
- Advertisment -
TS Poll - Loading poll ...

Most Popular