Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta menghadiri Karya Atiwa-tiwa Kinembulanan Atma Wedana lan Manusa Yadnya di Setra Desa Adat Tegal, Rabu (8/8) kemarin.
Advertisement
download aplikasi Balipuspanews di google Playstore

Mangupura, Balipuspanews.com – Masyarakat desa adat Tegal, desa Darmasaba melaksanakan karya “Atiwa-tiwa Kinembulanan Atma Wedana lan Manusa Yadnya” yang merupakan program setiap lima tahun sekali. Karya ini dihadiri Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta, Wakil Ketua DPC PDI Perjuangan Badung I Bagus Alit Sucipta, Camat Abiansemal I Gst. Ngr. Surya Jaya beserta Tripika Kecamatan dan tokoh masyarakat, di setra desa adat Tegal, Rabu (8/8) kemarin.

Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta menyampaikan, yadnya seperti ini wajib dilaksanakan karena merupakan swadarma kita dalam menjalankan kehidupan. Bupati berkeinginan agar dapat membantu kepentingan pribadi masyarakat dan juga membantu kebutuhan komunal masyarakat, dengan melakukan pendidikan gratis, kesehatan gratis, serta PBB gratis yang merupakan kebutuhan pribadi masyarakat. Sedangkan kebutuhan komunal seperti membangun balai banjar, pembangunan wantilan, melakukan karya, memperbaiki pura, atiwa-tiwa massal, pembelian gong yang merupakan kebutuhan komunal.

“Dengan terpenuhinya kebutuhan pribadi dan komunal masyarakat, maka dana yang dimiliki masyarakat dapat dikelola di rumah tangga. Dengan demikian ekonomi masyarakat akan lebih meningkat, sehingga kemiskinan akan berkurang bahkan diharapkan menjadi nol, selain itu juga masyarakat yang berumur 70 tahun ke atas diberikan gaji, ” katanya.

Pelaksanaan karya seperti ini diharapkan dapat berlangsung secara berkesinambungan, yang nantinya dapat dilaksanakan para generasi penerus selanjutnya. Pada kesempatan tersebut Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta menyerahkan bantuan upakara berupa dana hibah sebesar Rp. 1.220.000.000.

Sementara itu IB. Suangsa mengatakan, karya atiwa-tiwa kinembulan atma wedana lan manusa yadnya ini diikuti 79 sawa, ngelungah 191 rare, nyekah 199 puspa, metatah 453 orang dan mepetik 328 orang.

“Pelaksanaan karya atiwa-tiwa ini berdasarkan hasil paruman desa adat Tegal, ” katanya.

Bendesa adat Tegal I Made Lipur menyampaikan rasa terima kasihnya atas bantuan yang diberikan, sehingga masyarakat yang mengikuti dapat gratis. Untuk itu masyarakat sepakat mendukung program pemerintah dan arahan Bupati Badung.

Advertisement

Tinggalkan Komentar...