Jumat, Juli 26, 2024
BerandaBulelengDesa Banjar Gelar Upacara Balik Sumpah Pasca Foto Mesum Oknum Sulinggih Viral

Desa Banjar Gelar Upacara Balik Sumpah Pasca Foto Mesum Oknum Sulinggih Viral

BULELENG, balipuspanews.com – Masih ingat dengan beredarnya foto mesum oknum Sulinggih bersama seorang wanita diduga istri orang beberapa bulan lalu?. Akibat perbuatan oknum Sulinggih berinisial PA yang dianggap mengotori Desa, kini Desa/Kecamatan Banjar, Buleleng menggelar upacara pecaruan balik sumpah di Perempatan Agung Desa Banjar, Rabu (20/9/2023).

Upacara menurut Hindu yang dikatakan paling utama tersebut menggunakan sarana dengan korban binatang seperti sapi, kambing, babi, angsa, bebek, ayam dan hewan lainnya.

Dalam upacara tersebut juga dipuput oleh Trisadaka yakni Ida Pranda Siwa dari Griya Baler Telabah Banjar Ida Pranda Gede Ketut Kemenuh, Ida Pranda Bhuda dari Griya Tianyar, Karangasem dan Ida Rsi Bujangga Wisnawa Surya Adanyan dari Griya Bujangga Pemaron.

Saat dikonfirmasi, Kelian Adat Desa Banjar Ida Bagus Kosala menyampaikan upacara pecaruan menghabiskan anggaran kurang lebih Rp 60 juta. Uang tersebut terkumpul dari Oknum Sulinggih yang berbuat asusila sebanyak Rp 20 juta. Kemudian sisanya berasal dari sumbangan-sumbangan dari penggalian dana yang dilakukan desa adat Banjar.

BACA :  Puskesmas di Klungkung Tandatangi Kerjasama Penyediaan Obat PRB untuk Peserta JKN

“Harapan kami pelaksanaan pecaruan ini mampu menetralisasi Desa Banjar akibat perbuatan oknum Sulinggih dan untuk ke depannya tidak ada lagi peristiwa-peristiwa yang membuat desa kami leteh lagi (cukup terakhir ini),” terang dia.

Sementara disingung soal oknum Sulinggih yang berbuat Asusila tidak hadir, Kosala mengakui jika pihaknya sudah melakukan pendekatan, akan tetapi oknum Sulinggih itu tidak mau menghadiri pelaksanaan upacara dengan berbagai alasan.

Dirinya juga mengatakan Oknum Sulinggih berjanji akan melakukan upacara Gurupiduka (Meminta maaf) di Pura Puseh, Desa Banjar serta meminta maaf kepada semua masyarakat Desa Banjar.

“Setelah diketahui melakukan perbuatan asusila itu, kemudian dilakukan ngelebar gelung oleh nabe yang bersangkutan. Kemudian yang bersangkutan telah selesai menjadi seorang Sulingih,” pungkasnya.

Berita sebelumnya, sebuah foto oknum pemuka agama yang diduga berselingkuh beredar di media sosial WhatsApp dan sempat menghebohkan masyarakat Buleleng, Jumat (24/2/2023).

Dalam foto itu tampak oknum Sulinggih telanjang dengan memeluk seorang wanita. Postingan tersebut sontak jadi perbincangan publik dan mendapat beragam kecaman dari netizen, karena dinilai sangat memalukan.

BACA :  Bentuk Rasa Syukur Atas Hasil Panen, Warga Desa Sudaji Gelar Tradisi Ngusabha Pekakak

Namun belakangan diketahui foto tersebut awalnya hendak dikirim oleh oknum Sulinggih kepada selingkuhannya. Akan tetapi, karena salah pencet, foto itu akhirnya terkirim pada salah satu grup WhatsApp. Foto itu kemudian dengan cepat menyebar.

Penulis : Nyoman Darma 

Editor : Oka Suryawan 

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -

Most Popular