Jumat, Maret 29, 2024
BerandaBulelengDesa Munduk Jawara Lomba Gangsing Twin Lake Festival 

Desa Munduk Jawara Lomba Gangsing Twin Lake Festival 

Singaraja, balipuspanews.com — Atraksi Gangsing kembali dilombakan dalam hajatan Twin Lake Festival ke V Tahun 2018, Jum’at (6/7).

Lomba Gangsing sendiri diadakan di Kawasan Danau Tamblingan, Kecamatan Banjar, Kabupaten Buleleng.

Tercatat, enam regu yang beranggotakan 10 orang, beradu kebolehan memainkan permainan tradisional tersebut.

Enam regu masing-masing berasal dari Desa Gobleg, Desa Gesing, Desa Munduk, Desa Bengkel, Desa Pedawa, dan Desa Umejero.

Kepala Bidang Destinasi di Dinas Pariwisata Kabupaten Buleleng Ketut Suteja, SE selaku Ketua Panitia Lomba mengatakan, lomba ini diadakan bertujuan untuk melestarikan permainan tradisional yang ada di Catur Desa Dalem Tamblingan.

“Kami terus berupaya melakukan pembinaan mulai dari anak-anak hingga orang dewasa agar permainan gangsing tradisional yang ada di Catur Desa ini tetap lestari,” kata Kabid Suteja.

Imbuh Kabid Suteja, permainan Gangsing tak hanya dipertontonkan di ajang Twin Lake Festival, kedepannya atraksi Gangsing merupakan warisan turun temurun di Catur Desa Dalem Tamblingan, bisa disaksikan oleh pengunjung di Desa Munduk.

“Pemerintah sangat peduli dengan permainan Gangsing ini, salah satunya dengan cara membuat satu stage terbuka  di Desa Munduk. Pengunjung dan penggemar permainan Gangsing bisa menyaksikan langsung setiap saat, tidak saja di ajang Twin Lake Festival,” ungkapnya.

BACA :  Promosikan Spa Milik Sang Pacar, WNA Australia Kena Deportasi

Nah, pada partai final Desa Munduk berhasil unggul dengan nilai 13-6 ketika berhadapan dengan Desa Gobleg. Sehingga Desa Munduk berhak meraih juara satu.

Sedangkan Desa Gogleg harus puas menempati posisi jura kedua.

Sementara, Desa Gesing berhasil mengalahkan Desa Bengkel dengan nilai yang sangat Jauh 10-1.

Desa Gesing berhak menempati posisi ketiga dan Desa Bengkel menempati posisi keempat.

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -
- Advertisment -

Most Popular