Selasa, Februari 27, 2024
BerandaBulelengDesa Panji Jadi Pilot Project Digitalisasi Pamsimas

Desa Panji Jadi Pilot Project Digitalisasi Pamsimas

BULELENG, balipuspanews.com – Seiring berkembangnya penggunaan teknologi yang mengarah ke digitalisasi. Mengharuskan adanya inovasi yang bisa diimplementasikan pada setiap aspek kehidupan.

Peluang ini dimanfaatkan oleh Desa Panji, Kecamatan Sukasada, Buleleng dengan menggunakan kecanggihan teknologi untuk membuat transparansi pengelolaan air desa yang di dukung penuh Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) “Bhuana Utama”.

Perbekel Desa Panji Jro Mangku Made Ariawan, menjelaskan berbagai inovasi dilakukan dengan bersinergi bersama pihak BUMDes yang merupakan muara dari semua usaha milik desa dengan tujuan menerapkan keterbukaan pelayanan.

Alhasil, hal tersebut menjadikan desa yang dia pimpin sebagai pilot project dalam tata kelola air dengan menerapkan program penyediaan air minum dan sanitasi berbasis masyarakat (Pansimas).

Ia menambahkan kelebihan yang disediakan platform https://Panji.Bumdesaku.id yang dapat diakses melalui smartphone berupa transparansi dari pembukuan tagihan air, keterbukaan semua tagihan, dan semua urusan keuangan yang menciptakan sebuah kepercayaan pemerintah dan masyarakat.

Kemudian dari sisi sistem di lapangan belakangan sudah terus dilakukan perbaikan kualitas seperti menggunakan filter air pasir rambat, dan melalui platform tersebut juga pengaduan masyarakat terhadap masalah di lapangan akan sampai lebih cepat.

BACA :  Astra Motor Bali Siap Bekerjasama dengan AMSI Bali

Sehingga penanganan dari tenaga teknis lebih efisien dan akurat. Dampaknya dari keterbukaan ini lantas menjadikan laba dari pengelolaan tata air digunakan untuk pembangunan secara berkelanjutan di tingkat desa.

“Artinya ini sistem ini sudah menjadi satu kesatuan dari yang mulai tata kelolanya transparan serta dari sisi pelayanan kualitas air yang didistribusikan juga sesuai harapan,” paparnya.

Selain itu, Inovasi ini berhasil mengantarkan Desa Panji meraih predikat Desa Brilian terbaik se-Bali Nusra dari 53 Desa finalis di tahun kedua sejak dikembangkan pada tahun 2019 dan diterapkan tahun 2020.

Torehan pretasi ini bermuara pada kecintaan masyarakat terhadap desanya yang menggandeng juga masyarakat sebagai basis pemasaran dengan memegang teguh prinsip “dari warga untuk warga”.

“Mudah-mudahan pada tahun ini kita bisa mengukir lebih banyak prestasi dengan berbagai inovasi agar mengharumkan tidak hanya Desa Panji namun Kabupaten Buleleng,” harapnya.

Penulis : Nyoman Darma 

Editor : Oka Suryawan

RELATED ARTICLES

ADS

spot_img

ADS

- Advertisment -
- Advertisment -

Most Popular