sewa motor matic murah dibali

BANJAR, balipuspanews.com — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buleleng mencanangkan Desa Pedawa, Kecamatan Banjar dijadikan pilot project dalam pengentasan kemiskinan.

Salah satu upaya yang akan ditempuh oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buleleng adalah dengan memaksimalkan potensi pertanian yang dimiliki oleh Desa Pedawa. Dari potensi pertanian tersebut, diharapkan mampu mendukung potensi pariwisata alam yang dimiliki Desa Pedawa.

Hal itu disampaikan Bupati Buleleng, Putu Agus Suradnyana pada saat memberikan arahan pada acara tatap muka dengan krama Subak Abian Bhuana Sari, Desa Pedawa, Jumat (22/2).

Bupati Suradnyana menjelaskan, Desa Pedawa memiliki potensi pertanian yang sangat luar biasa. Selain itu, Pedawa juga memiliki topografi alam yang indah sebagai potensi wisata yang sangat potensial untuk dikembangkan. Bila kedua potensi ini bisa secara bersama-sama dikembangkan akan mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat Pedawa.

“Saya mendapat inspirasi pengentasan kemiskinan di Desa Pedawa ini. Tahun ini saya mencoba untuk memilih dua desa, yaitu Desa Pedawa dan Tigawasa untuk kita jadikan contoh pengentasan kemiskinan secara mendasar,” ungkapnya.

Masih kata Bupati Suradnyana, sektor pariwisata dan pertanian yang ada di Pedawa harus dipadukan sedimikian rupa sehingga dapat saling mendukung. Dia juga ingin Comunity Base Tourism dapat dikembangkan di Pedawa. Dalam hal ini masyarakat diharapkan mampu menjadi pelaku pariwisata di desanya, baik dengan memanfaatkan rumah-rumahnya sendiri sebagai penginapan, ataupun dengan memanfaatkan lahan pertanian sebagai pendukung suasana alamnya.

“Sehingga kalau kita berbicara tentang pengentasan kemiskinan, kita bisa ambil dari pertaniannya jangka panjang, dan kita bisa ambil dari pariwisatanya jangka pendek,” imbuhnya.

Selain melalui program jangka panjang, untuk mengurangi angka kemiskinan di Pedawa, mantan anggota DPRD Bali ini juga akan melakukan bedah rumah secara menyeluruh. Menurutnya, dari data yang diperoleh sedikitnya ada sekitar 130 rumah yang belum tersentuh bedah rumah. Oleh sebab itu, dia berjanji akan mencarikan bantuan ke Bupati Badung untuk membantu bedah rumah di Desa Pedawa secara keseluruhan.

“Saya punya rencana seluruhnya akan kita berikan, sebanyak 130 unit. Tahun ini akan kita tuntaskan. Sebanyak 130 unit seluruhnya akan kita selesaikan,” jelasnya.

Nah, untuk mengatasi permasalahan pertanian yang disampaikan oleh krama subak, Bupati Suradnyana berjanji akan memberikan jalan keluar atas permasalahan tersebut secara detil dan konkrit. Saat ini dirinya tengah menyusun rumusan pengembangan pertanian aecara menyeluruh, termasuk mengatasi masalah yang yang dihadapi oleh para petani.

Menurutnya, masyarakat di dua desa itu telah mampu mengubah pola prilakunya, sehingga mampu mengubah image kedua desa itu menjadi desa yang bersih, damai, dan memiliki semangat dalam membangun desa.

TINGGALKAN PESAN

Please enter your comment!
Please enter your name here