Ketua KPU Provinsi Bali I Dewa Agung Gede Lidartawan
Ketua KPU Provinsi Bali I Dewa Agung Gede Lidartawan
sewa motor matic murah dibali

DENPASAR TIMUR, balipuspanews.com- Pasca Pemilihan Umum (Pemilu) akhirnya Komisi Pemilihan Umum (KPU) mencatat daftar sembilan Desa di Bali yang tingkat partisipasinya paling tinggi dimasing-masing Kabupaten/Kota dan Desa Ulian, Kabupaten Bangli mampu dengan 100 persen tingkat partisipanya.

Ketua KPU Provinsi Bali I Dewa Agung Gede Lidartawan mencatat bahwa Desa ditiap-tiap Kabupaten /Kota di Bali yang mempunyai tingkat partisipasi paling tinggi dalam pemilu rata-rata diatas 85 persen.

” Bahkan ada Desa yang tingkat partisipasinya mencapai 100 persen alias semua hadir,” tegasnya, Jumat (17/5) saat menggelar Media Gathering di Denpasar.

Lidartawan menyebut adapun sembilan Desa dengan partisipasi tertinggi per Kabupaten/Kota adalah Denpasar, Desa Penatih Dangin Puri, Kecamatan Denpasar Timur, mencapai 87,53 persen, Badung, Desa Tumbak Bayuh, capai 96,88 persen, Tabanan, Desa Batannyuh, partisipasinya 99,35 persen, kemudian Jembrana, Desa Asah Duren, mencapai 88,53 persen, dan Kabupaten Buleleng, Desa Banjar Bali, berhasil mencapai 98,71 persen.

Selanjutnya, Untuk di Kabupaten Bangli, Desa yang satu ini berhasil tembus diangka 100 persen alias nihil tanpa absen satupun, yaitu di Desa Ulian, Kecamatan Kintamani, yang berturut-turut lolos 100 persen tingkat partisipasinya diajang Pemilu. Pada Pemilihan Gubernur (Pilgub) lalu, juga mengalami hal yang sama.

Untuk di Kabupaten Karangasem, Desa yang meraih partisipasi tertinggi adalah Desa Buana Giri, 94,55 persen, disusul Kabupaten Klungkung, Desa Pejukutan, 99,04 persen. Beda tipis dengan Desa Ulian Bangli, selisih sekitas 0,96 persen, dan yang terakhir Kabupaten Gianyar, partisipasi tertinggi di Desa Kerta, dengan raihan 98,63 persen dibawah Desa Pejukutan lagi sedikit.

Dari sembilan Desa dari Kabupaten/Kota dengan partisipasi tertinggi ini, akan nanti diberikan reward (penghargaan) oleh Gubernur Bali I Wayan Koster atas capaiannya dalam pesta demokrasi pemilu Pileg yang berbarengan Pilpres 17 April lalu.

” Gubernur pernah mewacanakan akan memberi penghargaan bagi Desa dengan partisipasi paling tinggi, diberikan bukan dalam bentuk pelakat atau uang tunai, namun akan diberi program sesuai dengan unggulan desa sendiri,” imbuhnya.

Seperti yang diketahui, lanjut Lidartawan, tingkat partisipasi di Provinsi Bali dalam Pemilu 17 April lalu, berhasil melampaui dari target yang ditetapkan Provinsi sebesar 80 persen, kini berhasil dengan tingkat partisipasi mencpai 81,9 persen yang hampir tembus 82 persen.

“Atas komitmen kita semua, masyarakat Bali, yang memiliki kepedulian dalam pelaksanaan pemilu, saya ucapkan terima kasih,” tandasnya (Bud/bpn/tim).

Tinggalkan Komentar...