Komisi II DPRD Bangli, i Ketut Mastrem
Komisi II DPRD Bangli, i Ketut Mastrem

BANGLI, balipuspanews.com- DPRD Kabupaten Bangli mendukung keputusan Desa Adat Penglipuran menutup objek wisata desanya.

“ Terlebih lagi dalam paruman tersebut telah diputuskan untuk menutup Obyek Wisata Penglipuran, jadi yang paling utama dipikirkan sudah jelas, yaitu terkait kesehatan dan keselamatan dari masyarakat tersebut, dalam mengantisipasi penyebaran virus corona ini” kata Ketua Komisi II DPRD Bangli, i Ketut Mastrem ketika dimintai tanggapannya terkait di tutupnya Obyek Wisata Penglipuran, Rabu (18/3/2020).

Dirinya mengaku mendukung terkait keputusan yang telah diambil oleh masyarakat Desa Adat Penglipuran, karena keputusan tersebut telah diproses/dirembugkan terlebih dahulu .

Menurutnya dengan adanya virus corona ini sudah jelas akan menyebabkan terjadinya penurunan pengunjung yang signifikan, dari pada kita memikirkan pendapatan yang memang sudah sedikit, lebih baik kita pikirkan kesehatan dan keselamatan masyarakat secara luas.

“Jadi saya pikir keputusan masyarakat Desa Adat Penglipuran tersebut sudah sangat tepat, karena disini mereka lebih mengutamakan untuk mencegah penyebaran virus corona ini. Daripada memikirkan pendapatan yang sewaktu-waktu bisa mengancam kesehatan masyarakatnya sendiri” tambah mastrem.

Seperti diketahui masyarakat Desa Adat Penglipuran bertindak cepat dengan mengadakan paruman terkait pencegahan penyebaran virus corona/covid-19, pada hari senin 16 maret 2020.

Berdasarkan hasil paruman masyarakat setempat, dua hari setelahnya Obyek Wisata Penglipuran resmi ditutup dari tanggal 18 s/d 30 maret 2020, surat tersebut di tanda tangani sendiri oleh I Wayan Supat selaku Bendesa Adat Penglipuran.

Keputusan masyarakat Desa Adat Penglipuran tersebut mengacu dari Surat Edaran Gubernur Bali No. 7194 tahun 2020 dan Surat Edaran Bupati Bangli No. 197 tahun 2020 tentang panduan tindak lanjut terkait pencegahan penyebaran virus corona/covid-19 di lingkungan Pemerintah Provinsi Bali dan di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bangli. (ris/BPN/tim)