Dewan Buleleng Akan Tambahkan Spot Internet di Halaman Kantor, Untuk Akses Belajar Daring

Ketua DPRD Buleleng saat melaksanakan peninjauan lokasi halaman barat kantor DPRD Buleleng yang akan diisi spot internet
Ketua DPRD Buleleng saat melaksanakan peninjauan lokasi halaman barat kantor DPRD Buleleng yang akan diisi spot internet

BULELENG, balipuspanews.com – Pelaksanaan pembelajaran secara tatap muka masih belum bisa dilakukan di kabupaten Buleleng. Hal ini mendorong Ketua DPRD Buleleng Gede Supriatna, SH agar DPRD Kabupaten Buleleng bisa membantu para siswa yang membutuhkan jaringan fasilitas internet untuk melaksanakan pembelajaran secara daring atau online dengan cara menyiapkan spot internet di halaman barat Gedung DPRD Buleleng.

Supriatna menyampaikan bahwa setiap sore dirinya sering sekali melihat banyak anak-anak yang sengaja datang dan berkumpul di halaman Gedung DPRD Buleleng untuk memanfaatkan jaringan internet (wifi).

Berdasarkan hal tersebut dirinya merasa ada hal yang perlu menunjang agar ada kenyamanan, maka pihaknya akan memberikan fasilitas berupa spot internet untuk menunjang anak-anak agar bisa memanfaatkan fasilitas tersebut untuk melaksanakan proses pembelajaran secara daring atau online.

“Setiap sore saya lihat ada saja anak-anak yang datang berkumpul untuk memanfaatkan fasilitas internet di kantor DPRD ini untuk belajar, maka kenapa tidak sekalian saja nanti kita akan siapkan tempat untuk mendukung hal itu, supaya anak-anak yang belajar bisa lebih layak dan nyaman,” sebutnya, Kamis (1/10/2020).

Dalam penerapan hal itu nantinya akan disiapkan fasilitas pendukung seperti kursi, dan meja agar saat menikmati proses belajar bisa duduk dengan nyaman tanpa khawatir buku yang mereka bawa jadi kotor.

“Nanti mungkin akan kita siapkan beberapa kursi, kasian juga kan duduk di taman bawa buku, kotor, kan mereka jadi tidak nyaman belajarnya,” singkatnya.

Tak hanya itu dirinya juga ingin nantinya setelah terealisasinya spot internet ini, apabila ada anak-anak yang membutuhkan jaringan internet untuk belajar supaya bisa datang langsung ke halaman Kantor DPRD Kabupaten Buleleng dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

Sehingga apa yang pihaknya rencanakan setelah terealisasi anak-anak belajar secara online bisa langsung memanfaatkan fasilitas yang ada. Akan tetapi tetap protokol kesehatan harus diterapkan.

“Semoga segera setelah fasilitasnya terealisasi, anak-anak yang memerlukan jaringan internet bisa datang langsung ke halaman Kantor DPRD Buleleng, untuk bisa mengikuti kegiatan belajar mengajar supaya tidak ketinggalan, tapi tetap harus memperhatikan protokol kesehatan,” pintanya.

Sementara itu, Wakil Bupati Buleleng I Nyoman Sutjidra mengungkapkan pihaknya mendukung pengadaan tersebut, sebab pengadaan jaringan internet merupakan salah satu pelayanan terhadap publik dan hal itu gratis. Sehingga nantinya hal ini akan diperluas agar masyarakat bisa memanfaatkannya secara gratis.

“Sebenarnya fasilitas umum jaringan internet memang harus gratis untuk masyarakat, sebab hal itu salah satu bentuk layanan terhadap publik, bahkan hal ini akan diperluas lagi, sehingga setiap fasilitas umum (wifi) di pemerintahan bisa terjangkau dan bisa dimanfaatkan masyarakat,” tutupnya.

Penulis : Nyoman Darma

Editor : Oka Suryawan