Jumat, Maret 29, 2024
BerandaBulelengDewan Buleleng Sambangi RSUD Buleleng Untuk Cek Kesiapan Pendistribusian Vaksin

Dewan Buleleng Sambangi RSUD Buleleng Untuk Cek Kesiapan Pendistribusian Vaksin

BULELENG, balipuspanews.com – Tiba di Bali vaksin Covid-19 akan segera didistribusikan. Menjelang pendistribusian ini Ketua DPRD Buleleng, Gede Supriatna melakukan kunjungan ke RSUD Buleleng, Senin (4/1/2021). Kunjungannya itu tidak lain untuk memastikan kesiapan pemerintah daerah melalui RSUD Buleleng dalam pendistribusian vaksin.

Ketua DPRD Buleleng juga didampingi Ketua Komisi IV, Luh Hesti Ranitasari mendatangi RSUD Buleleng serta disambut langsung oleh Direktur Utama (Dirut) RSUD Buleleng, dr. Putu Arya Nugraha. Kunjungan dewan kali ini selain untuk melihat kepastian pendistribusian vaksin, juga termasuk melihat pelayanan kesehatan di RSUD Buleleng.

Gede Supriatna menyampaikan, kunjungan ke RSUD Buleleng tidak lain terkait dengan kesiapan pemerintah daerah dalam pendistribusian vaksin Covid-19 yang diberikan pemerintah Pusat. Tak hanya itu pihaknya mendatangai RSUD juga ingin mengetahui bagaimana perkembangan pelayanan RSUD Buleleng pasca libur Natal dan Tahun Baru.

Namun, Ia menekankan bahwa hal terpenting terkait kunjungannya ini, tidak untuk mengetahui kesiapan dari RSUD Buleleng yang telah dilengkapi dengan fasilitas mesin PCR untuk melakukan tes swab, dalam penanganan kasus Covid-19 di Buleleng.

BACA :  Mahasiswa Sulap Limbah Tahu dan Kotoran Sapi Jadi Biogas dalam Waktu Singkat

“Sudah barang tentu harapan saya pasca liburan ini, kasus Covid-19 di Buleleng tidak mengalami lonjakan. Intinya pelayanan dan juga kesiapan RSUD Buleleng ini dalam penanganan Covid-19 di Buleleng harus maksimal,” jelasnya.

Bahkan Ia menambahkan terkait kesiapan pasti pemerintah daerah dalam hal pendistribusian vaksin Covid-19 di Buleleng. Pihaknya menyebutkan sejauh ini berdasarkan hasil koordinasi masih menunggu petunjuk pemerintah pusat terkait dengan jumlah dan teknis dalam pendistribusiannya.

“Sesuai dengan informasi tempat penyimpanan dan tenaga yang akan menangani vaksin ini sudah disiapkan di Dinas Kesehatan. Namun detail pos vaksinasi disampaikan oleh Satgas Covid-19, pada intinya semua sudah siap,” sebutnya.

Dirinya juga menyampaikan harapannya, agar sebelum nanti dilakukan vaksinasi secara massal, seluruh masyarakat Buleleng tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan sesuai dengan anjuran pemerintah.

“Ini sebagai upaya agar terhindar dari penularan Covid-19. Dan kasus Covid-19 di Buleleng bisa ditekan ke zona yang lebih baik,” harapnya.

Disisi lain Dirut RSUD Buleleng, Putu Arya Nugraha menjelaskan bahwa saat ini RSUD Buleleng secara resmi hanya sebagai tempat melayani efek samping dari pemberian vaksin, sebab hal itu sudah ditentukan oleh Dinas Kesehatan.

BACA :  Siswa SD Ikuti Lomba Menyanyi di HUT ke-420 Kota Singaraja

“Resminya melayani efek samping pemberian vaksin yang diberikan di pos-pos vaksin ditentukan Dinas Kesehatan,” ungkapnya.

Berikutnya Vaksin Covid-19 yang akan diterima Buleleng nantinya disimpan di gudang milik Dinas Kesehatan (Dinkes) Buleleng. Pemberian vaksin pertama kali diberikan kepada tenaga medis yang selama ini menjadi garda terdepan dalam penanganan Covid-19.

Tak hanya itu saat ditanya terkait efek samping dari vaksin, Ia sama sekali tak menampik, jika kemungkinan akan ada efek samping dalam pemberian vaksin. Sama halnya dengan efek samping dari pemberian obat. Namun vaksin Covid-19 ini sudah melalui analisis dengan riset baku, yang menunjukan bahwa efek sampingnya ringan.

“Efek sampingnya itu sedikit dan ringan tapi tetap disiapkan. Ya ini karena Covid-19, jadi perlu ada antisipasi dan kami sudah ada SDM (Tenaga medis, red) yang sudah terlatih. SDM untuk vaksin sudah disiapkan dan terlatih,” tutupnya.

Sementara informasi yang berhasil dihimpun saat ini RSUD Buleleng telah memiliki tambahan satu buah alat PCR yang didapat dari Kementrian Kesehatan (Kemenkes) RI dan telah datang pada Sabtu lusa. Bantuan alat ini tidak lain untuk lebih memaksimalkan uji specimen dalam penanganan Covid-19.

BACA :  Pemilu 2024 Belum Penuhi Kuota 30 Persen Keterwakilan Perempuan, Bamsoet: Permudah Akses Perempuan

Penulis : Nyoman Darma 

Editor : Oka Suryawan

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -
- Advertisment -

Most Popular