I Nengah Sumardi selaku pimpinan Ketua DPRD Kabupaten Karangasem
I Nengah Sumardi selaku pimpinan Ketua DPRD Kabupaten Karangasem
sewa motor matic murah dibali

KARANGASEM, balipuspanews.com – Atas nama pimpinan, anggota, staf dan jajaran DPRD Kabupaten Karangasem, mengucapkan Selamat Hari Raya Galungan dan Kuningan yang jatuh pada hari Rabu (24/07/2019) mendatang.

“Semoga dengan Asung Kerta Waranugraha Ida Sang Hyang Widhi Wasa, kita semua diberikan anugrah kesejahteraan dan kedamaian,” kata, I Nengah Sumardi selaku pimpinan Ketua DPRD Kabupaten Karangasem, Senin (22/07/2019).

Dirinya berpesan kepada masyrakat Karangasem, “Yadnya” korban suci tulus iklas adalah hal yang sangat mutlak dan harus dilaksanakan, dalam kaitan itu, pihaknya di lembaga dewan menghimbau kepada masyarakat Karangasem, agar nantinya dalam proses nyanggra hari raya Galungan dan Kuningan bisa dilaksanakan dengan khidmat dan tidak mengurangi dari sisi makna serta terus melaksanakan Yadnya itu sesuai dengan kemampuan masing-masing.

“Jangan melaksanakan Yadnya diluar dari kemampuan apalagi sampai berlebihan,” harapnya.

Pihaknya sangat mengapresiasi atas masih eratnya tradisi-tradisi yang melekat dimasyarakat Karangasem seperti tradisi mepatung misalnya. Tradisi ini dilakukan dihari penampahan atau sehari menjelang hari raya Galungan. Mepatung atau patungan sendiri biasanya dilakukan oleh beberapa warga sekitar 10 sampai 15 orang diaman nantinya membeli Babi dengan berar tertentu kemudian dipotong dan dagingnya dibagi rata.

Kegiatan mepatung ini juga sangat diapresiasi, selakulembaga dewan, pihaknya sangat mendorong agar masyarakat terus melestarikannya tradisi dan kearifan lokal sehingga tradisi-tradisi yang ada bisa tetap terjaga dengan baik. (adv/suar/bpn/tim)