Rombongan Komisi IV DPRD Buleleng diketuai Luh Hesti Ranitasari saat turun melakukan kordinasi.
sewa motor matic murah dibali

SINGARAJA, balipuspanews.com – Komisi IV DPRD Buleleng meminta pemerintah daerah bisa merealisasikan target 100 persen Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) alias Universal Health Coverage (UHC) pada tahun 2020 mendatang. Hal tersebut disampaikan saat rombongan Komisi IV DPRD Buleleng diketuai Luh Hesti Ranitasari melakukan kordinasi ke Dinas Sisial (Dinsos) Kabupaten Buleleng.

Data dihimpun, cakupan peserta JKN di Kabupaten Buleleng baru mencapai 96,58 persen. Sehingga masih ada pekerjaan rumah sebanyak 3,42 persen penduduk Buleleng yang harus masuk dalam program UHC.

Ketua Komisi IV DPRD Buleleng Luh Hesti Ranitasari mengatakan, cakupan 96 persen sejatinya memang sudah cukup baik. Meski begitu, Rani berharap pemerintah bisa mencapai angka 100 persen pada tahun 2020 mendatang.

Srikandi Demokrat asal Desa Tamblang, Kecamatan Kubutambahan kemudian mendesak agar Dinsos Buleleng menggencarkan upaya verifikasi, khususnya terhadap masyarakat yang akan masuk dalam program UHC.

Menurutnya, pemerintah meski selektif dalam memberikan bantuan iuran, lantaran cukup banyak masyarakat tergolong mampu, namun enggan masuk dalam program UHC.

“Ini kan sudah kewajiban undang-undang. Jadi, kami harap sosialisasi bisa lebih gencar lagi. Sehingga nanti tidak semua masyarakat itu harus menjadi tanggungan pemerintah,” singkatnya.