Dewan Minta Eksekutif Sikapi Semrawutnya Kabel dan Tiang Provider di Karangasem

Nampak kabel jaringan yang tidak tertata dengan baik
Nampak kabel jaringan yang tidak tertata dengan baik

KARANGASEM, balipuspanews.com – Semrawutnya kabel dan pemasangan tiang provider di Karangasem disorot anggota DPRD Karangasem Nyoman Sumadi. Politikus asal Manggis menyebut, semrawutnya kabel dan tiang pendukungnya sangat menganggu estetika.

Menurutnya, kesemrawutan kabel telekomunikasi terjadi dimana-mana, entah itu di jalur Kota maupun pedesaan. Pemandangan itu dari sisi estetika sudah sangat merusak keindahan lingkungan disekitarnya.

“Terkait kabel dan tiyang provider yang semrawut itu, sudah pernah kita utarakan dalam rapat dengan pihak eksekutif. Salah satu contoh misalnya, bisa dibayangkan Jaba Pura yang lokasinya dipinggir jalan, kemudian bangunan candi bentar hingga Bale Kulkulnnya penuh dengan seliweran kabel-kabel, sudah tentu akan merusak keindahan arsitekturnya oleh kesemrawutan kabel-kabel tersebut,” ujarnya, Sabtu (28/1/2023).

Menurut Sumadi, sebaiknya Pemprov Bali hendaknya menaruh perhatian besar terhadap persoalan ini, serta agar ditindak lanjuti ke Kabupaten sampai ke tingkat Desa.

Selain itu, dari pihak terkait swasta, BUMN, pemerintah yang terkait dengan kabel-kabel tersebur untuk duduk bersama mencari solusi agar kabel-kabel tidak sembarangan dipasang dan terkesan pemeliharaannya lepas tanggung jawab.

“Kalau perlu untuk Bali diusahakan kabel tanam saja, sehingga tidak ada kabel-kabel yang merusak pemandangan yang menimbulkam kesan kumuh, saya berharap ini segera di atensi oleh para pihak, sebelum terlanjur parah dampak yang diakibatkan oleh kabel-kabel yang tak teratur itu,” kata Sumadi.

Penulis : Gede Suartawan

Editor : Oka Suryawan