Dewan Pers dan Polda Bali Sepakat Jalin Kerjasama Terkait Sengketa Pers 

Kapolda Bali Irjen Pol. Putu Jayan Danu Putra menerima rombongan Dewan Pers di Mapolda Bali
Kapolda Bali Irjen Pol. Putu Jayan Danu Putra menerima rombongan Dewan Pers di Mapolda Bali

DENPASAR, balipuspanews.com– Kapolda Bali Irjen Pol. Putu Jayan Danu Putra menyatakan siap mensosialisasikan sekaligus melaksanakan PKS Dewan Pers dan Polri dalam penanganan kasus-kasus pers. Hal itu disampaikannya saat menerima rombongan Dewan Pers di Mapolda Bali, Selasa (6/12/2022).

Kedatangan rombongan Dewan Pers dipimpin Plt. Ketua Dewan Pers M. Agung Dharmajaya, didampingi Totok Suryanto (anggota) dan Yadi Hendriyana (anggota). Hadir juga mendampingi Ketua Pembina Asosiasi Televisi Lokal Indonesia (ATVLI)  Satria Naradha dan Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Bali IGMB  Dwikora Putra.

Sementara Kapolda sendiri didampingi Kabid Humas Polda Bali Kombes Pol. Stefanus Satake Bayu Setianto.

Dalam pertemuan itu dibicarakan beberapa hal penting diantaranya sosialisasi perjanjian kerja sama (PKS) antara Bareskrim Polri dan Dewan Pers (DP), terkait penanganan kasus pers.

Disampaikan juga capaian hasil indeks kemerdekaan pers (IKP) secara nasional tahun 2002 serta beberapa isu aktual terkait situasi selama pelaksanaan dan perkembangan kamtibmas pascapelaksanaan G20 yang telah terlaksana dengan baik dan lancar.

Dewan Pers dan konstituen juga berkomitmen untuk menjaga profesionalisme kerja khususnya wartawan. Dalam setiap melaksanakan pekerjaan untuk tetap profesional, taat dan tunduk dengan kode etik jurnalistik.

Agung Dharmajaya menyampaikan bahwa pihaknya memberikan apresiasi atas suksesnya pengamanan KTT G20 oleh Polri.

“Kami sangat mengapresiasi terkait pelaksanaan KTT G20 yang telah sukses dilaksanakan. Suksesnya KTT G20 tentunya tidak terlepas dari pengamanan yang dilaksanakan oleh Polri khususnya Polda Bali,” ujarnya.

Lebih lanjut, pihaknya mengatakan perlu diketahui bahwa kerjasama dengan Polri berjalan sangat baik, terutama dengan Polda Bali yang memiliki kasus pers yang sedikit.

“Harapan kami jika ada masukan dari bapak Kapolda dan jajaran berkenan disampaikan,” ujarnya.

Menanggapi hal tersebut Irjen Putu Jayan mengucapkan terima kasih kepada Dewan Pers dan berharap ke depannya dapat lebih meningkatkan kerjasama.

Diterangkanya bahwa selama ini jalinan komunikasi pers dan Polda Bali sudah berjalan dengan sangat baik. Hal ini terbukti dari suksesnya pengamanan KTT G20 yang dilakukan Polri. Bahkan peran pers sangat aktif dalam hal pemberitaan yang positif.

Jenderal bintang dua dipundak itu kembali mengatakan, bahwa pihaknya bersama jajaran siap mensosialisasikan dan melaksanakan PKS antara Polri dan Dewan Pers dalam menangani sengketa pers.

“Saya berharap ke depannya jalinan kerjasama antara Polri khususnya Polda Bali dengan Dewan Pers semakin erat,” tegas Kapolda Putu Jayan.

Penulis: Kontributor Denpasar
Editor: Oka Suryawan

Redaksi | Pasang Iklan | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik | Privacy Policy | Copyright | About Us
Member of
Exit mobile version