Senin, Juni 17, 2024
BerandaDenpasarDewan Sampaikan Dua Poin atas Ranperda Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah

Dewan Sampaikan Dua Poin atas Ranperda Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah

DENPASAR, balipuspanews.com – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bali memberikan dua poin tanggapan terkait Tanggapan Dewan terhadap Pendapat Gubernur Bali Atas Ranperda Provinsi Bali tentang Perubahan Keempat Atas Peraturan Daerah Nomor 10 Tahun 2016 tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah atas jawaban Gubernur dalam Rapat Paripurna sebelumnya.

Hal tersebut disampaikan Drs. I Nyoman Laka sebagai pembaca tanggapan Dewan dalam rapat Paripurna ke 39, Minggu (3/9/2023) di Gedung Utama di Kantor DPRD Provinsi Bali.

Dalam poin Pertama disampaikan bahwa Sekretariat DPRD merupakan unsur pelayan administrasi dan pemberian dukungan terhadap tugas dan fungsi DPRD.

Memperhatikan pertimbangan jumlah Anggota DPRD sejumlah 55 orang, beban kerja dengan mengelola anggaran sebesar Rp. 245.203.051.335,- (Dua Ratus Empat Puluh Lima Milyar Lebih) untuk mengampu 2 program, 15 kegiatan, 48 sub kegiatan, maka untuk mendukung pencapaian efektivitas penyelenggaraan tugas dan fungsi DPRD, dapat ditingkatkan menjadi Tipe B.

Sementara poin Kedua, Peningkatan tipelogi Sekretariat DPRD secara struktur organisasi dan eselon tidak berubah, namun perlu penyesuaian nomenklatur, tugas dan fungsi dengan berpedoman pada Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 104 tahun 2016 tentang Pedoman Nomenklatur Sekretariat DPRD Provinsi.

BACA :  DPRD Bali Launching e-Audiensi, Layanan Publik untuk Audiensi dan Demo

Dalam mekanisme kerja telah diatur dalam Peraturan Gubernur Nomor 74 Tahun 2022 tentang Sistem Kerja di Lingkungan Pemerintah Provinsi Bali, sehingga tidak lagi dikenal sub koordinator tapi dikelola oleh tim kerja yang dibentuk di Perangkat Daerah.

“Pada prinsipnya kami sepakat, dan lebih lanjut akan disesuaikan dalam Raperda yang sedang dibahas ini,” pungkasnya.

Penulis: Budiarta
Editor: Oka Suryawan

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -

Most Popular