Sosialisasi Pelaksanaan Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya Tahun 2019
Sosialisasi Pelaksanaan Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya Tahun 2019
sewa motor matic murah dibali

BANGLI, balipuspanews.com – Kegiatan serah terima dan dilanjutkan dengan sosialisasi pelaksanaan bantuan stimulan perumahan swadaya tahun 2019 kamis (18/7/19) di museum Gunung Api Batur Kintamani, Kabupaten Bangli.

Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala SNVT penyediaan perumahan Provinsi Bali I Wayan Suardana,ST.MT., PPK Rumah Swadaya Harry Krisnawan, ST. Msi., perwakilan TP4D Kejati Bali, Kepala Bagian Protokol, Kerjasama dan Komunikasi Publik Kabupaten Bangli, Perbekel Desa Batur Tengah dan Masyarakat penerima bantuan. Penyerahan dilakukan oleh Kepala SNVT Penyediaan Perumahan Provinsi Bali kepada Perbekel Desa Batur Tengah yang diserahkan ke perwakilan penerima bantuan BSPS.

Ketua panitia Harry Krisnawan, ST., Msi. dalam laporannya menyampaikan kegiatan serah terima dan sosialisasi pelaksanaan bantuan stimulan perumahan swadaya tahun 2019 dimaksudkan untuk memberikan pemahaman kepada penerima bantuan sebagai pelaksana utama BSPS akan tugas dan tanggung jawabnya sebagai penerima bantuan dari pemerintah.

Kegiatan ini bertujuan agar dapat segera melaksanakan proses peningkatan kualitas fisik rumahnya sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan dan penerima bantuan dapat memahami tugas dan tanggung jawabnya sehingga kegiatan BSPS dapat berjalan secara tepat sasaran, tepat guna, tepat waktu dan akuntabel. Bantuan stimulan perumahan swadaya kali ini berjumlah 150 orang yang terdiri dari desa songan A sebanyak 30 orang, desa songan B berjumlah  30 orang, desa batur tengah sebanyak 30 orang, desa batur selatan sebanyak 30 orang dan desa serai sebanyak 30 orang.

Kepala SNVT (Struktur Non Vertikal Tertentu) Penyediaan Perumahan Provinsi Bali I Wayan Suardana, ST.MT dalam sambutan mengatakan kegiatan BSPS ini merupakan bantuan sosial sebagai sasarannya adalah masyarakat berpenghasilan rendah dengan tujuan untuk menyediakan rumah yang semula tidak layak huni menjadi rumah yang layak huni. Rumah yang layak huni harus memenuhi persyarakat berupa keselamatan bangunan, kesehatan penghuni dan kecukupan minimum luas bangunan.

Bantuan stimulan ini merupakan upaya untuk mendorong prakarsa dan upaya masyarakat dengan menumbuh kembangkan keswadayaan penerima bantuan karena salah satu prinsip BSPS adalah masyarakat sebagai pelaku utama.

Program BSPS ini yang dilaksanakan oleh SNVT Penyediaan Perumahan Provinsi Bali sebagai perpanjangan tangan dari Ditjen Penyediaan Perumahan Kementrian PUPR sudah memasuki tahun ke-4, dimana pada tahun 2019 ini di Provinsi Bali mendapat bantuan 3.000 unit yang tersebar di 7 Kabupaten, 28 Kecamatan, 69 Desa dan salah satunya adalah Kabupaten Bangli.

Untuk Kabupaten Bangli pada tahun ini mendapat alokasi BSPS sebanyak 150 unit yang terdiri dari Desa Songan A sebanyak 30 unit, Desa Songan B sebanyak 30 unit, Desa Batur Tengah sebanyak 30 unit, Desa Batur Selatan sebanyak 30 unit dan Desa Serai sebanyak 30 unit. Dan untuk tahun ini Kabupaten Bangli mendapat tambahan alokasi sebanyak 100 unit yakni Desa Batur Selatan sebanyak 60 unit dan Desa Batur Tengah sebanyak 40 unit, sehingga Desa Batur Selatan menjadi 90 unit dan Desa Batur Tengah menjadi 70 unit.

Pihaknya berharap kegiatan ini dapat mengurangi jumlah RTLH dan memberikan manfaat bagi masyarakat khususnya MBR dan sebagai trigger/pendorong untuk kegiatan lainnya yang dapat dialokasikan melalui sumber dana APBD provinsi dan APBD Kabupaten/Kota serta CSR.

Perbekel Desa Batur Tengah I Made Sasmita yang sekaligus mewakili penerima bantuan BSPS mengucapkan terima kasih karena berbagai pihak sudah memperhatikan pembangunan – pembangunan, yang tidak bisa kami selenggarakan atau kami adakan didesa dengan program-program pemerintahan dengan programnya bapak presiden yaitu nawa cita dan bedah rumah serta rehab rumah yang ada diprovinsi dan kabupaten sudah ikut bersama-sama memajukan pembangunan-pembangunan yang ada di desa, untuk itu kami mengucapkan banyak-banyak terima kasih. (Rls/bpn/tim)