Di Gianyar, Para Dokter Himpun Diri jadi Relawan Kesehatan Pengungsi

dr. Wayan Eka Dharmadi

Gianyar, balipuspanews.com – Para dokter di Kabupaten Gianyar menghimpun diri membentuk tim relawan untuk membantu memberikan pelayanan kesehatan kepada para pengungsi ancaman erupsi Gunung Agung.

“Kita akan berikan batuan pelayanan kesehatan kepada para pegungsi,” kata salah seorang praktisi kesehatan, dr. Wayan Eka Dharmadi, Minggu (8/10).

Lebih lanjut jelas mantan Dirut RSUD Sajiwani Gianyar ini untuk membantu para pengungsi dibidang kesehatan, ia dan beberapa kalangan di bidang kesehatan membentuk Tim Relawan Kesehatan.

Tim ini akan memberikan bantuan kesehatan secara berkelanjutan.

Menurutnya, bantuan kesehatan tidak hanya dibutuhkan saat mengungsi saja, tetapi pasca bencana bantuan kesehatan juga sangat penting.

Untuk itu, dibentuklah tim kesehatan yang terdiri dari dokter, paramedis, bidan dan tenaga kesehatan lainya. Beberapa dokter spesialis juga siap membantu,” terangnya.

Baca Juga :  Wisnu Wijaya Pensiun, Dewa Alit Mudiarta Dilantik Jadi Pj Sekda Gianyar

Selain itu, tim juga  akan memberikan penampingan kepada pengungsi atau korban bencana, sehingga mental mereka kuat dan tidak syok.

“Karena itu, kita mengajak psikiater dan juga psikolog. Nantinya, tim relawan ini juga akan turun ke desa-desa yang terdampak becana dan juga daerah disekitarnya. “Kita akan mengajak relawan langsung turun ke desa-desa yang terdampak bencana, terutama terkait dengan sanitasi lingkungan,” ungkapnya.

Tim yang dibentuk, kata Eka Dharmadi, akan lebih banyak bekerja pasca terjadi bencana. Karena, saat itu akan dibutuhkan lebih banyak tenaga kesehatan. “Untuk saat ini, posko kesehatan di masing-masing posko saya rasa cukup. Walaupun demikian, kami juga akan memberikan pelayanan kesehatan di masing-masing posko,” jelasnya.

Baca Juga :  Wisnu Wijaya Pensiun, Dewa Alit Mudiarta Dilantik Jadi Pj Sekda Gianyar

Eka Darmadi mengajak tenaga kesehatan untuk ikut bergabung dalam Tim Relawan Kesehtan. Menurutnya, ini merupakan salah satu bentuk pengabdian kepada masyarakat.

“Kami terbuka kepada tenaga kesehatan yang mau bergabung,” pungkasnya.