Sebanyak 15 orang dalam pantauan (ODP) menjalani rapid test di tempat halaman depan GOR Sweca Pura ,Gelgel, Klungkung, Rabu (1/4/2020)
Sebanyak 15 orang dalam pantauan (ODP) menjalani rapid test di tempat halaman depan GOR Sweca Pura ,Gelgel, Klungkung, Rabu (1/4/2020)

SEMARAPURA, balipuspanews.com – Sebanyak 15 orang dalam pantauan (ODP) menjalani rapid test di tempat halaman depan GOR Sweca Pura ,Gelgel, Klungkung, Rabu (1/4/2020).

“Rafid Tes dilaksanakan bagi  masyarakat yang sudah terdiagonostik ODP atau yang sedang dalam pemantauan. Dan yang diperiksa hatri ini sudah disurati melalui puskesmas masing masing Kecamatan yang menjadi tempat tinggal warga ODP,” kata Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan,Dr Komang Gde Dentanu Wibawa.

Lebih lanjut disebutkan pemeriksaan rafid test juga untuk antibodi para ODP ,harapannya dengan pemeriksaan yang dilakukan kemungkinan jika diagnostiknya positif maka ada kemungkinan sudah ada terjangkit Virus Covid 19.

“Semua kemungkinan jadi belum pasti juga ,jika  dia negatif belum tentu juga dia tidak tidak terjangkit jadi Rafid Tes sebagai skrining awal itu sesuai dengan pedoman sudah ada, itu sesuai dengan langkah-langkah yang harus kita lakukan ketika itu positif maupun negatif,” jelasnya.

Dari pantauan pemeriksaan rafid test di GOR Swecapura yang dilaksanakan Tim Dinas Kesehatan Klungkung ada 3 langkah Rafid Tes dilakukan. Dimana langkah awal pertama para OPD yang diperiksa langsung diatas motor langsung  di screning suhu tubuh . Dan Kedua yang diperiksa disemprot dengan disinfektant tetap diatas motornya yang dibawa. Selanjutnya Warga OPD tadi langsung naik di periksa Rafid Tes oleh para Tim Dokter yangb ditugaskan.Namun apa hasilnya Tim tidak mau membuka hasil Rafid Tes tersebut. Namun santer tercetus dari hasil rafid test tersebut ternyata satu orang diduga mengarah positif  pasien PDP.

Dalam pemeriksaan semua terperiksa rafid test dilakukan dengan memperlihatkan KTP Elektronik dengan NIK untuk memudahkan kordinasi dan pengawasan jika terjadi hal hal yang diluar dugaan nantinya. (RON/BPN/tim)