Bupati Mas Sumatri bertemu dengan Presiden Jokowi
Bupati Mas Sumatri bertemu dengan Presiden Jokowi
sewa motor matic murah dibali

GIANYAR, balipuspanews.com – Bupati Karangasem, IGA Mas Sumatri mengundang Presiden Jokowi untuk membuka Rapat Koordinasi Nasional Jaringan Kota Pusaka Indonesia (JKPI) di Kabupaten Karangasem pada tanggal 21,22,23 Juni 2019.

” Saya undang tanggal 22 Juni , Presiden Jokowi ke luar negeri, namun Presiden  akan memerintahkan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan untuk hadir pada rangkaian Rakornas itu akan dibuka mulai tanggal 16 Juni 2019. Hingga berakhir tanggal 30 Juni 2019, ” jelas Bupati Sumatri usai bertemu Presiden Jokowi di Pasar Seni Sukawati, Jumat (14/6/2019).

Sementara itu, seperti diketahui Kabupaten Karangasem hari ini, Senin (29/04/2019) resmi menjadi anggota Organisasi Kota Pusaka Dunia “the Organization of World Heritage City” (OWHC) yang ditandai dengan diserahkannya sertifikat keanggotaan oleh Sekretaris General Organization of World Heritage City, Mr. Denis Ricard.

Penyerahan sertifikat tersebut berlangsung di Taman Soekasada Ujung, Karangasem yang diterima langsung oleh Bupati Karangasem, I Gusti Ayu Mas Sumatri bersama Wakil Bupati, I Wayan Artha Dipa didampingi Kepala Dinas Kebudayaan dan Kepala OPD lainnya.

Sebelum penyerahan sertifikat itu dilaksanakan, setibanya Mr. Denis Ricard ditaman Soekasada Ujung disambut dengan berbagai jenis kesenian seperti kesenian gambuh dan tari – tarian yang dibawakan oleh sejumlah anak – anak.

Setelah sempat melihat lihat keindahan pemandangan Taman peninggalan raja Karangasem tersebut, Sekretaris General Organization of World Heritage City langsung menyerahkan sertifikat keanggotaan kepada Bupati Karangasem.

Dalam kesempatan tersebut, Mr. Denis Ricard menyampaikan dengan bergabungnya Kabupaten Karangasem menjadi anggota Organisasi Kota Pusaka Dunia tentunya pengakuan Karangasem bukan hanya ditingkat local saja melainkan sudah diakui ditingkat Dunia.

“Menjadi anggota organisasi Kota Pusaka Dunia adalah sebuah pengakuan ditingkat dunia, program organisasi ini sangat konkrit salah satunya adalah memberikan pelatihan pelatiha,” kata Mr. Denis Ricard melalui penerjemah sambil melihat lihat areal Taman Soekasada Ujung.

Kabupaten Karangasem merupakan kota keempat diindonesia yang tergabung dalam organisai Kota Pusaka Dunia. Saat ini ada sekitar 300 kota yang sudah tergabung kedalam Organisasi Kota Pusaka Dunia di seluruh Dunia.

Sementara itu, Bupati Karangasem, I Gusti Ayu Mas Sumantri usai menerima sertifikat tersebut menyampaikan, adapun manfaat bagi Kabupaten Karangasem menjadi anggota organisasi sangat luar biasa. Semoga dengan ini mampu menambah jangkauan agar Kabupaten Karangasem dikenal lebih jauh.

“Melalui ini, kita ingin wujudkan pariwisata spiritual berbasis desa. Jaringan kota pusaka adalah budaya jadi ini yang nanti akan kita sinergritas dengan kebudayaan lainnya,” ujarnya.

Selain menerima sertifikat keanggotaan, Kabupaten Karangasem juga ditunjuk sebagai tuan rumah kegiatan organisasi Kota Pusaka yang nanti akan dilaksanakan pada bulan Juni 2019 mendatang bertepatan dengan hari ulang tahun kota Karangasem. (art/bpn/tim)