14/08/2020, 10:52 AM
Beranda Bali Denpasar Dicoret dari Daftar Pengurus, Kader Muda NasDem Layangkan Kritik

Dicoret dari Daftar Pengurus, Kader Muda NasDem Layangkan Kritik

Denpasar, balipuspanews.com – Selama ini Bagus Shanta Wardana, tercatat sebagai salah satu kader muda Partai NasDem Provinsi Bali. Ia bergabung dengan partai nomor urut 5 itu sejak tahun 2011, yang semula hanya berupa Ormas NasDem.

Sejak awal, Gus Santha – sapaan akrab politisi muda kelahiran Buleleng itu – menunjukkan kecintaan yang luar biasa terhadap Partai NasDem.

Ia bahkan mengaku sangat mengagumi Ketua Umum DPP Partai NasDem Surya Paloh. Ia juga menghormati Ketua DPW Partai NasDem Provinsi Bali Ida Bagus Oka Gunastawa, yang sejak awal didampinginya selama mengurus Partai NasDem di Pulau Dewata.

Apalagi dalam perjalanan, Gus Santha diberikan jabatan strategis sebagai Wakil Sekretaris Pemberdayaan dan Pelayanan Masyarakat DPW Partai NasDem Provinsi Bali.

“Saya ikut NasDem sejak 2011, ketika NasDem masih berbentuk Ormas. Partai NasDem baru terbentuk November 2012,” ujar Gus Santha, saat ditemui di Denpasar, beberapa waktu lalu.

Hanya saja lulusan S2 Jurusan Ekonomi Pembangunan Universitas Udayana itu kaget, ketika saat proses verifikasi partai politik tahun 2017 lalu, namanya justru dicoret dari daftar pengurus. Pencoretan tersebut, konon dilakukan tanpa sepengetahuannya.

Kondisi ini membuat Gus Santha, melontarkan kritik keras kepada Partai NasDem Bali. Ia bahkan mengibaratkan NasDem sebagai pohon yang kuat, namun memiliki akar yang rapuh, khususnya di Bali.

“Pohonnya kuat, tapi akar rapuh. Pohon itu tentu lama-lama akan jatuh. Itu realita yang terjadi di lapangan,” tegasnya.

Kekecewaan Gus Santha semakin menjadi – jadi, ketika sejak 2018 dirinya tak lagi diposisikan sebagai Tenaga Ahli Fraksi Panca Bayu DPRD Provinsi Bali.

Padahal sejak 2014 hingga 2017, posisi tersebut dipercayakan kepadanya. Bahkan seharusnya, menurut Gus Santha, ia menjalankan tugas sebagai Tenaga Ahli Fraksi hingga 2019 mendatang.

“Saya pernah dipercaya sebagai staf ahli NasDem di DPRD Provinsi Bali. Selama dua tahun saya membuat laporan fraksi, pandangan umum, wallpaper dan segala macam saya kerjakan dari jarak jauh. Tetapi kemudian, posisi saya malah digantikan,” ujarnya.

Gus Santha mengaku keberatan, lantaran penggantinya di posisi Tenaga Ahli Fraksi merangkap jabatan sebagai bendahara DPW Partai NasDem Provinsi Bali.

Gus Santa mengaku sudah membicarakan hal tersebut dengan Ketua DPW Partai NasDem Provinsi Bali Ida Bagus Oka Gunastawa. Bahkan segala persyaratan terkait Tenaga Ahli Fraksi, juga telah diserahkan kepada Sekretaris DPRD Provinsi Bali.

“Pak Ketua menyambut saya masuk kembali. Sudah ada juga surat rekomendasi dari partai untuk memasukkan nama saya sebagai staf ahli dewan. Namun hingga kini saya digantung. Bahkan nama saya hilang tiba-tiba dari pengurus,” ucapnya.

Kekesalan Gus Santa berlanjut, lantaran apa yang dikatakan Sekwan DPRD Provinsi Bali bahwa dirinya bisa kembali bekerja sebagai Tenaga Ahli Fraksi per Januari 2018, ternyata tak terealisasi.

“Di sana saya duga ada permainan,” katanya. 

Ia pun berharap, hal seperti tidak terus terjadi dan dibiarkan. Apalagi sampai mengorbankan anak-anak muda, yang memiliki semangat yang tinggi dan ingin berkontribusi melalui partai politik.

“Ini juga semacam otokritik bagi NasDem, khususnya di Bali. Hal seperti itu harus kita tanggulangi. Apa yang menjadi masalah, penyebabnya apa, itu kita selesaikan. Jangan sampai, anak-anak muda yang sedang semangat-semangatnya ingin berkontribusi untuk partai, eh tiba-tiba nama saya hilang,” ucap Gus Santha. (bp)

Menghilang dari Rumah, Korban Ditemukan Meninggal di Aliran Sungai

GIANYAR, balipuspanews.com - Sempat hilang dari rumah, Ni Ketut Dani,49, ditemukan dalam kondisi meninggal dunia di aliran sungai Subak Sudimara, Lingkungan Sema, Kelurahan Bitera,...

Status Tersangka, Ribuan Orang Tanda-tangan Petisi Bebaskan Jerinx SID yang Ditahan di Polda Bali

DENPASAR, balipuspanews.com - Penahanan pengebuk drum Superman Is Dead Gede Ari Astina alias Jetinx SID di Polda Bali menggoncangkan dunia maya. Ribuan orang menandatangi...