Jumat, Juni 14, 2024
BerandaBolaDicukur Uzbekistan 0-2, Garuda Muda Gagal ke Final Piala Asia U-23

Dicukur Uzbekistan 0-2, Garuda Muda Gagal ke Final Piala Asia U-23

DENPASAR, balipuspanews.com
Perjuangan Timnas Garuda Muda
menuju final Piala Asia U-23 dihentikan Uzbekistan. Witan Sulaeman dkk dipaksa menyerah 0-2 dalam pertandingan hidup mati di Stadion Abdullah bin Khalifa, Qatar, Senin (29/4/2024).

Timnas Garuda sebelumnya berhasil membobol gawang Uzbekistan di menit 60. Sayang gol yang tercipta tersebut dianulir wasit dikarenakan pemain Indonesia berada di posisi offside.

Berselang beberapa menit kemudian, Uzbekistan memimpin pertandingan dengan skor 1-0 setelah Norchaev berhasil memanfaatkan umpan matang yang diberikan Hamraliev di menit 68.

Bermain dengan 10 pemain, Timnas Garuda kembali dibobol oleh Uzbekistan di menit 85. Sehingga skor berubah menjadi 2-0.

Jalannya pertandingan:

Setelah pluit mulainya pertandingan di bunyikan, kedua kesebelasan salung menunjukkan ketangguhannya.

Pada menit ke-13, Uzbekista memberikan tendangan selamat datang kepada Indonesia. Tendangn keras dari Alisher Adilov tersebut masih bisa diatasi oleh Ernando.

Berselang beberapa menit, Nathan Tjoe-A-On harus menerima ganjaran kartu kuning setelah malakukan tekel kepada Khoshimov di menit 14.

Gempuran demi gempuran terus dilakukan kedua tim untuk mencetak gol. Uzbekistan kembali berupaya membobol Garuda Muda. Namun tendangan keras yang dilontarkan oleh
Khoshimov masih melebar dari gayang yang dijaga Ernando di menit 18.

Merespon serangan yang terus diberikan, Timnas Garuda mencoba memberikan gempuran ke gawang Mematov. Sayang lemparan yang diberikan oleh Arhan di menit ke-23 belum berhasil memecah kebuntuan.

BACA :  Desa Adat dan Desa Dinas di Buleleng Diberikan Penerangan Hukum

Di menit 26, Tim Asuhan Shin tae-yong mendapat tendangan bebas. Namun sayang tendangan bebas tersebut batal dikarenakan setelah pengecekan VAR sleding tackle yang dilakukan Khusanov terhadap Witan dinyatakan bersih mengenai bola.

Tim asuhan Timur Kapadze kembali memberikan gempuran ke gawang Garuda Muda. Untung tendangan keras yang dilakukan Buriev di menit 29 mengenai gawang yang dijaga Ernando.

Di menit 30 gelandang bertahan Uzbekistan, Davromov menerima ganjaran kartu kuning.

Lagi dan lagi, Buriev dan kawan-kawan memberikan ancaman ke gawang Timnas Indonesia di menit 39. Kali ini serangan datang dari Erkinov yang berhasil memanfaatkan umpan manis. Namun, anacaman berupa sundulan tersebut masih dengab mudah diamankan oleh Ernando.

Hingga menit ke 45, kedua tim terus menampilkan jual beli serangan. Pertandingan masih belanjut setalah wasit memberikan tambahan sebanyak 10 menit.

Di Menit 47 Rakhimjonov melakukan upaya tendangan keras dari luar kota pinalti. Tendangan keras yang dilontarkan itu masih jauh melambung diatas tiang gawang Timnas Garuda.

Uzbekistan kembali melakukan serangan. Di menit 51, Uzbekistan mendapat tendangan pojok. Umpan yang diberikan oleh Fayzullaev masih berhasil diantisipasi oleh para pemain belakang Timnas Garuda Muda.

Berjalan 2 menit pertandingan, Arhan harus menerima ganjaran kartu kuning.

Hingga turun minum, kedua kesebelasan sama kuat dan mempertahankan kedudukan imbang 0-0.

Memasuki babak kedua. Uzbekistan melakukan penyegaran pemain dengan memasukkan Norchaev dan Jaloliddinov. Dengan menarik keluar Erkinov dan Khoshimov.

BACA :  Menko PMK Dampingi Presiden Tinjau Pengukuran dan Intervensi Serentak Pencegahan Stunting di Bogor dan Jakarta Selatan

Kedua kesebelasan langsung menampilkan permainan ngotot dengan melakukan jual beli serangan.

Berselang 10 menit pertandingan setelah turun minum. Tembok pertahanan Timnas Indonesia U-23 menampilkan ketangguhannya dengan menggagalkan gempuran-gempuran serangan yang dilakukan oleh Uzbekistan.

Di menit 55, tim asuhan Timur Kapadze kembali memberikan ancaman ke gawang Garuda Muda. Untung tendangan yang dilontarkan Odilov masih melebar di kanan gawang yang dijaga Ernando.

Shin Tae-yong menerima ganjaran kartu kuning di menit 57.

Lagi dan lagi Uzbekistan mememberikan ancaman. Kali ini ancaman diberikan oleh Jaloliddinov. Untung tendangan keras yangnya masih melebar ke kiri gawang.

Timnas Garuda berhasil menciptakan keunggulan lebih dahulu melalui sepakan keras dari Ferarri Indonesia di menit 60. Ferarri berhasil memanfaatkan kesalahan dari kiper Uzbekistan dan melakukan tendangan keras dengan kaki kanannya.

Sayang keunggulan yang telah diciptakan Timnas Garuda itu harus dianulir. Ini terjadi setelah wasit melakukan pengecekan dengan VAR. Dimana sebelum terjadinya gol pemain Indonesia dinyatakan berada di posisi offside.

Di menit 68, gawang Ernando berhasil dibobol oleh Norchaev setelah berhasil memanfaatkan umpan matang yang diberikan Hamraliev. Skor berubah menjadi 1-0 untuk keunggulan Uzbekistan.

Odilov ditarik keluar dan diganti oleh Jiyanov di menit 70.

Shin Tae-yong melalukan penyegaran pemain untuk mengejar ketertinggalan dengan menarik Sananta keluar dan memasukkan Kelly di menit 75.

BACA :  Pemotor Wanita Dihadang Bule Lalu Dianiaya, Polisi Buru Pelaku

Menit 83, Kapten Timnas Indonesia, Rizky Ridho menerima ganjaran kartu merah.

Uzbekistan berhasil menggandakan kedudukan di menit 85. Skor berubah menjadi 2-0.

Hingga menit ke 90, pertandingan berlanjut dengan tambahan 16 menit.

Di menit 94, Buriev mendapat kartu kuning.

Mengejar ketertinggalan, Shin Tar-yong kembali melakukan pergantian pemain. Arhan, Rahman, dan Jenner ditarik keluar dan digantikan oleh Tri Pamungkas, Fahmi, dan Nul Zikrak.

Hubner diganjar kartu kuning di menit 101.

Hingga pluit akhir dibunyikan skor tidak berbubah dan tetap 2-0 dengan kemenangan diraih oleh Uzbekistan.

Susunan pemain:
Timnas Indonesia U-23: Ernando Ari, Justin Hubner, Rizky Ridho, Muhammad Ferrari, Pratama Arhan, Nathan Tjoe-A-On, Ivar Jenner, Fajar Fathur, Marselino Ferdinan, Witan Sulaeman, Ramadhan Sananta.

Cadangan: Adi Satryo, Ilham Rio Fahmi, Komang Teguh, Bagas Kaffa, Ikhsan Nul Zikrak, Arkhan Fikri, Dony Tri Pamungkas, Rayhan Hannan, Jeam Kelly Sroyer, Hokky Caraka, Daffa Fasya

Pelatih: Shin Tae-yong

Uzbekistan Y-23: Abduvohid Ne’matov, Zafarmurod Abdirahmatov, Abdukodir Khusanov, Alibek Davronov, Usadbek Rhimjunov, Umarali Rahmanaliyev,  Ulug’bek Khoshimov, Hojimat Erkinov, Abbosbek Fayzullaev, Abdurauf Bo’riyev, Captain Alisher Adilov.

Cadangan: Abdunabiev, Muhammadkadir Khamraliev, Kholmatov, Ibrokhimov, Jasurbek Jaloliddinov, Ruslanbek Jiyanov, Otabek Jurakuziev, Makhamadzhonov, Saidazamat Mirsaitov, Vladimir Nazarov, Norchaev, Ibrokhim Yuldoshev.

Pelatih: Timur Kapadze

Penulis: Gde Candra
Editor: Oka Suryawan

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -
- Advertisment -

Most Popular