Diduga Curi Kayu Jati, Pria asal Banyuning Ini Diamankan Polsek Sukasada

Pelaku pencurian kayu jati yang berhasil diamankan oleh Mapolsek Sukasada
Pelaku pencurian kayu jati yang berhasil diamankan oleh Mapolsek Sukasada

BULELENG, balipuspanews.com – Diduga melakukan pencurian kayu jati di kebun milik Ketut Sukanada yang berlokasi di Bajar Dinas Lebahsiung, Desa Panjianom, pria asal Lingkungan Banyuning Timur, Kelurahan Banyuning, berinisial GDW,43, diamankan pihak kepolisian, Senin (23/11/2020).

Menurut informasi yang berhasil dihimpun dari kepolisan, kejadiannya bermula ketika korban Ketut Sukanada melaporkan kehilangan 18 batang pohon jati dengan cara ditebang. Akibatnya, korban mengalami kerugian sekitar Rp. 12 Juta.

Kapolsek Sukasada Kompol Wayan Sartika menerangkan, pihaknya melakukan penangkapan terhadap pelaku setelah menerima laporan dari korban terkait pencurian tersebut. Setelah menerima laporan selanjutnya tim Reskrim Mapolsek Sukasada langsung melakukan penyelidikan untuk mengungkap kasus.

“Berangkat dari laporan korban tersebut, petugas Opsnal Unit Reskrim Polsek Sukasada langsung melakukan penyelidikan. Kemudian selang dua bulan, pelaku ditangkap hari Senin kemarin,” ujarnya saat ditemui, Kamis (26/11/2020).

Usai melakukan pemeriksaan, didapat bahwa pelaku mengakui telah mencuri pohon jati korban dengan cara ditebang menggunakan gergaji ukuran besar.

Setelah dilakukan penebangan kemudian pohon tersebut dipotong beberapa meter agar bisa dibawa dengan menggunakan sepeda motor dan dijual kepada beberapa pengusaha mebel hingga pelaku ditangkap plys barang bukti di tangan pelaku yang berhasil polisi amankan berupa potongan kayu jati.

“Potongan kayu jati yang pelaku curi tersebut sudah dijual ke pengusaha mebel di wilayah Buleleng untuk diolah menjadi meja dan kursi,” tandasnya.

Akibat dari perbuatan tersebut pelaku diancan tindak pidana pencurian, dengan ancaman hukuman 5 tahun penjara.

Penulis: Nyoman Darma

Editor : Oka Suryawan