Diduga Curi Ponsel dan Dompet Pamedek, Dua Pemuda asal Besakih Diamankan Polsek Rendang

Polsek Rendang mengamankan pelaku pencurian ponsel
Polsek Rendang mengamankan pelaku pencurian ponsel

KARANGASEM, balipuspanews.com – Areal Pura Besakih, Rendang Karangasem mulai tidak aman. Terbukti, seorang pamedek kehilangan ponsel dan dompet saat makemit di Bale Pesandekan Pura Besakih.

Beruntung, pelaku langsung diamankan Polsek Rendang. Bahkan, Kapolsek Rendang Kompol I Made Sudartawan memimpin langsung penangkapan, Kamis (6/5/2021).

Kedua terduga pelaku pencurian yang diamankan masing-masing Wayan SD,22, asal Banjar Besakih Kawan dan Wayan SA,20, asal Banjar Batu Madeg, Desa Besakih, Rendang, Karangasem.

Sebelum kasus pencurian ini terungkap, hari Minggu, 4 April 2021 lalu, salah seorang pemedek melapor ke Polsek Rendang kehilangan sejumlah barang seperti dompet dan Hp saat beristirahat di Balai Pesandekan di Pura Besakih.

“Korban saat itu sembahyang malam di Pura Besakih kemudian beristrahat dan tidur dibalai pesandekan, sekira pukul 02.15 WITA, korban terbangun melihat HP dan dompet warna coklat berisikan uang sekitar Rp 2 juta yang ditaruh disampinngnya tidur sudah hilang,” ungkap Sudartawan.

Berbekal laporan tersebut, jajaran Polsek Rendang kemudian melakukan penyelidikan dan menemukan ttik terang dimana Hp milik korban terdeteksi masih sekitaran wilayah Desa Besakih.

Setelah ditelusuri, akhirnya mengarah kepada seseorang dan ditemukan ditangan Wayan T. Dari pengakuan Cuplis, Hp tersebut dibelinya dari terduga pelaku Wayan SA. Disana Polisi kemudian langsung melakukan pencarian dan berhasil meringkus Wayan SA. Setelah diintrogasi, Wayan SA kemudian mengakui perbuatannya dan mengku saat beraksi mengajak seorang teman yaitu Wayan SD.

Dari pengakuan tersebut, Polisi kembali bergerak dan berhasil mengamankan Wayan SD. Setelah berhasil mengamankan keduanya, proses interogasi kembali dilanjutkan. Kepada polisi keduanya mengakui bahwa telah melakukan aksi pencurian dikawasan Pura Besakih sesuai dengan laporan korban tersebut.

Disana juga terungkap, hasil pencurian berupa uang yang ada didalam dompet dibagi dua oleh pelaku, sedangkan HP yang dicuri diisembunyikan oleh terduga Wayan SA tanpa sepengetahuan rekannya Wayan SD dan dijual kepada Cuplis dimana uang hasil penjualannya dipakai oleh Wayan SA sendiri.

Sementara itu, dari kedua terduga pelaku yang ditangkap, polisi berhasil mengamankan sejumlah barang bukti berupa satu unit HP Redmi 9 dan satu buah dompet Levis warna coklat.

“Saat ini kedua pelaku sudah diamankan di Mapolsek Rendang guna dilakukan Proses hukum sesuai dengan ketentuan yang belaku,” tandas Sudartawan.

Penulis : Gede Suartawan

Editor : Oka