Diduga Korsleting Listrik, Gudang Serkel di Bungkulan Terbakar

Petugas saat memadamkan api dari sisa kayu yang terbakar di Banjar Dinas Dauh Munduk, Desa Bungkulan, Kecamatan Sawan
Petugas saat memadamkan api dari sisa kayu yang terbakar di Banjar Dinas Dauh Munduk, Desa Bungkulan, Kecamatan Sawan

BULELENG, balipuspanews.com – Kobaran api membakar seluruh serkel kayu di Banjar Dinas Dauh Munduk, Desa Bungkulan, Kecamatan Sawan milik Gede Karang Restu Adi, Rabu (31/8/2022) sekitar pukul 22.30 WITA. Peristiwa kebakaran itu diduga disebabkan korsleting listrik dari salah satu mesin yang ada didalam serkel.

Berdasarkan informasi yang berhasil dikumpulkan, peristiwa tersebut bermula dari salah seorang saksi bernama Gede Widiarta,40, yang tinggal disebelah selatan Tempat Kejadian Perkara (TKP) mengalami mati listrik dirumahnya secara tiba-tiba. Curiga, saksi langsung memeriksa aliran listrik yang masih mengambil aliran dari TKP.

Namun betapa terkejutnya saksi, ternyata serkel tempatnya bekerja sudah terbakar oleh kobaran api yang begitu besar. Melihat itu, Widiarta langsung menghubungi Nyoman Ngurah Lila Abadi,43, melalui sambungan telepon dan Made Soryawan, 43, yang tinggal bersebelahan dengannya.

Akhirnya bertiga langsung menuju lokasi untuk menyelamatkan satu unit mobil jenis carry yang sebelumnya masih ada di lokasi kebakaran. Tidak berselang lama dari itu tiga unit mobil pemadam kebakaran (damkar) Buleleng datang untuk memadamkan kobaran api.

“Berdasarkan laporan sementara total kerugian materiil yang disebabkan dari peristiwa kebakaran itu ditaksir mencapai Rp1 Miliar,” ujar Kasi Humas Polres Buleleng AKP Gede Sumarjaya saat dikonfirmasi Kamis (1/9/2022).

Sementara itu, berdasarkan hasil olah TKP diperkirakan barang-barang yang terbakar diantaranya kayu gelondongan dan olahan kayu yang sudah menjadi barang, 10 Unit mesin serkel, dan 1 set mesin asah. Kini sampai berita ini diturunkan petugas sudah berhasil memadamkan api.

“Api sudah berhasil dipadamkan, Dugaan sementara kebakaran diakibatkan karena adanya korsleting listrik,” pungkasnya.

Penulis : Nyoman Darma

Editor : Oka Suryawan