Senin, Juli 22, 2024
BerandaJembranaDiduga Lepas Dari Kawanannya, Seekor Rusa Berkeliaran di Terminal Gilimanuk

Diduga Lepas Dari Kawanannya, Seekor Rusa Berkeliaran di Terminal Gilimanuk

JEMBRANA, balipuspanews.com – Seekor rusa penghuni hutan Taman Nasional Bali Barat (TNBB) muncul di depan terminal Gilimanuk. Rusa itu diduga lepas dari kawanannya saat mencari makan.

Saat musim kemarau memang biasa hewan-hewan penghuni hutan TNBB keluar mecari makan di pinggir hutan dan pinggir jalan atau tempat-tempat yang rumputnya masih hijau.

Seperti di kawasan wisata Karang Sewu dan teluk Gilimanuk. Selain kawanan kera sering juga kawanan babi hutan, kancil dan rusa yang keluar hutan.

Binatang penghuni hutan TNBB itu selain malam juga keluar pada siang hari. Seperti kawanan rusa yang diperkirakan mencari makan si kawasan Karangsewu yang masih banyak rumputnya.

Namun karena dekat permukiman dan banyak anjing saat rusa itu mencari makan dikejar oleh anjing dan lari terpisah dari kawananya.

Rusa jantan itu kemudian lari kearah barat dan sampai di terminal.
Munculnya rusa itu cukup mengangetkan warga.

Karena penasaran warga berusaha mencari rusa itu disemak-semak selatan terminal. Namun tiba-tiba rusa itu keluar dan berlari ke terminal lalu keluar dan masuk ke teluk Gilimanuk.

BACA :  Bentengi Diri dari Tantangan Globalisasi dan Dinamika Politik dengan 4 Pilar MPR RI

“Rusa itu seperti ketakutan dan lari dengan kencang,”ujar seorang warga.

Kepala Balai Taman Nasional Bali Barat, Agus Ngurah Krisna mengatakan memang karena musim kemarau biasanya hewan penghuni TNBB keluar mencari makan dipinggir hutan yang berbatasan dengan pemukiman.

“Mungkin karena dikejar anjing lalu terpisah dari kawanannya dan masuk ke terminal. Kita harapkan rusa itu bisa kembali ke hutan dan jika ada warga yang melihat agar tidak ditangkap tetapi diarahkan ke hutan,”ujarnya.

Penulis : Anom
Editor : Oka Suryawan

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -

Most Popular