Didukung Strategi Pemda Cegah Lonjakan Kasus Covid pada Libur Panjang Pekan Ini

Ket foto : Ketua MPR RI Bambang Soesatyo
Ket foto : Ketua MPR RI Bambang Soesatyo

JAKARTA, balipuspnaews.com- Sejumlah pemerintah daerah telah menyusun strategi mencegah lonjakan kasus Covid-19 pada libur panjang pekan ini, seperti membatasi jumlah wisatawan, meningkatkan patroli protokol kesehatan hingga melakukan tes cepat Covid-19 kepada pengunjung.

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mendukung dan berharap upaya pemda dapat efektif mencegah kerumunan di masing-masing tempat wisata pada libur panjang pekan ini.

“Ini untuk mencegah terjadinya penyebaran Covid-19 yang tidak terkendali di tempat-tempat wisata, mengingat kedatangan para wisatawan dari luar daerah secara tak terkendali akan meningkatkan kasus Covid-19,” kata Bamsoet dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Senin (26/10/2020).

Ia juga mendorong pemda bekerja sama dengan aparat keamanan di destinasi wisata untuk menertibkan wisatawan/pengunjung agar patuh terhadap kebijakan yang ada, seperti melaksanakan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 dan physical distancing di setiap area tempat wisata, sebagai upaya mencegah terjadinya kluster baru penyebaran Covid-19 yang berasal dari tempat-tempat wisata.

Pembatasan pengunjung juga dinilai penting disosialisasikan pemda setempat yang dibatasi maksimal 50 persen sesuai aturan pembatasan sosial berskala besar pra-adaptasi kebiasaan baru (PSBB pra-AKB).

“Pemda juga kami harapkan dapat memastikan keamanan kawasan wisata saat melonjaknya wisatawan pada libur panjang,” katanya.

Selain itu, pemda juga diminta secara tegas menegakkan aturan kepada pengusaha/ pengelola wisata yang tidak mengikuti atau mematuhi aturan yang ditetapkan, seperti dengan menghentikan sementara kawasan wisata, sebagai upaya pemda dalam mencegah terjadinya lonjakan kasus baru Covid-19.

“Kami juga mengimbau kepada setiap wisatawan/pengunjung agar mematuhi aturan atau kebijakan yang ada, seperti disiplin menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 serta memastikan dirinya sehat sebelum bepergian saat libur panjang akhir pekan,” pungkas Bamsoet.

Penulis/Editor : Hardianto/Oka Suryawan