Ketua Osis SMAN 1 Blahbatuh Ni Kadek Diah Arisma. - Foto: Ketut Catur Kusumaningrat.

GIANYAR, Balipuspanews.com – Sejak disahkannya Peraturan Gubernur Bali (Pergub) No. 97 Tahun 2018 tentang Pembatasan Timbulan Plastik Sekali Pakai membuat masyarakat mulai berbondong-bondong mengurangi pemggunaan sampah plastik sekali pakai di lingkumgannya, seperti halnya di SMAN 1 Blahbatuh dimana para siswa dan guru dihimbau untuk menggunakan bahan bahan organik atau ramah lingkungan di setiap kegiatan sekolah.

Ketua OSIS Blasman (nama sebutan SMAN 1 Blahbatuh) Ni Kadek Diah Arisma mengatakan bahwa sejak dirinya dilantik menjadi pengurus osis, pengurangan terhadap sampah plastik sudah mulai dilakukan secara bertahap. Selain memang himbauan dari pihak sekolah, dirinya menyebutkan bahwa memang hal ini sangat dibutuhkan saat ini.

“Sejak saya dilantik menjadi Ketua Osis disini sudah kami mulai aksi pengurangan sampah plastik yaitu dengan cara memakai bahan bahan organik dan ramah lingkungan, khususnya seperti alat pembungkus makanan yang ramah lingkungan dan yang lainnya, ” ujarnya.

Kadek Diah Arisma mengatakan bahwa setiap ada kegiatan sekolah, pihaknya selalu menggunakan jajanan bali dengan pembungkus ramah lingkungan.

“Setiap kami mengadakan kegiatan di sekolah, kami selalu menggunakan bahan bahan yang ramah lingkungan untuk pembungkus dan wadah jajanan atau minuman, ” ucap siswi berparas ayu tersebut.
Bahkan setiap harinya pun para siswa ditekankan agar tidak menggunakan sampah plastik sekalai pakai, kalau melanggar maka akan dikenakan sanksi.

“Disetiap kelas sudah ditaruh galon air minum dan gelas, jadi para siswa tidak lagi membeli minuman dengan pembungkus sekali pakai,” katanya.

Sedangkan Anggota DPR RI Fraksi PDIP I Nyoman Parta mengatakan bahwa dirinya menyambut baik aksi para siswa di Blasman ini. “Kami tadi sudah sempat berbincang bincang dengan kepala sekolah SMAN 1 Blasman, aksi ini sangatlah bagus. Dimulai dari lingkungan sekolah yakni green school, ” tutur Politikus asal Desa Guwang Kecamatan Sukawati ini.(catur/bpn/tim).