Selasa, April 16, 2024
BerandaBangliDiglontor Rp 75 Miliar, Bupati Sedana Artha dan Gubernur Koster Letakan Batu...

Diglontor Rp 75 Miliar, Bupati Sedana Artha dan Gubernur Koster Letakan Batu Pertama Pembangunan Pasar Singamandawa

BANGLI, balipuspanews.com – Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta melaksanakan ground breaking (peletakan batu pertama) pembangunan Pasar Singamandawa, Kintamani tahap II (Pembangunan Pasar Tematik Wisata), pada Rabu (8/3/2023).

Hadir pula dalam kesempatan itu, Gubernur Bali Wayan Koster, Jero Gede Batur Duuran, Wakil Ketua DPRD Bangli I Komang Carles dan I Nyoman Budiada, Sekda Bangli Ida Bagus Gde Giri Putra, perwakilan anggota Forkompimda Kabupaten Bangli, Staff Ahli Bupati, Pimpinan OPD di lingkungan Pemkab Bangli, serta sejumlah undangan lainnya.

Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta dalam sambutannya menyampaikan, sesuai visi pembangunan Kabupaten Bangli yaitu ”Nangun Sad Kerthi Loka Bali di Kabupaten Bangli Melalui Pola Pembangunan Semesta Berencana Kita Wujudkan Bangli Era Baru”,

untuk merealisasikan visi tersebut maka dijabarkan dalam bentuk 9 misi dimana salah satu misinya yang terkait dengan sektor perindustrian dan perdagangan adalah “menjamin terpenuhinya kebutuhan pangan, sandang, dan papan dalam jumlah dan kualitas yang memadai bagi kehidupan krama Bangli, melalui kemandirian pangan, dan mengembangkan pusat ekonomi kerakyatan”.

BACA :  Perwakilan Kecamatan Sukawati Terpilih Sebagai Jegeg-Bagus Gianyar Tahun 2024

“Salah satu program dalam mendukung visi dan misi tersebut adalah dengan pembangunan pasar, karena pasar merupakan pusat perekonomian masyarakat dan tempat sumber penghidupan masyarakat,” ungkap Bupati Sedana Arta.

Disampaikan Bupati Sedana Arta, Pasar Singamandawa berdiri di atas tanah milik Pemerintah Kabupaten Bangli seluas 15.170 m2, dengan jumlah pedagang yang ada di Pasar Singamandawa saat sebanyak 749 pedagang dengan komoditi bahan makanan pokok, makanan dan minuman, pakaian, perhiasan, hasil kerajinan dan hasil-hasil pertanian.

“Karena kondisi bangunan Pasar Singamandawa sangat tidak representatif, dimana kondisi pasar sangat kumuh dengan bangunan yang bocor dan rusak, serta pemetaan zonasi pedagang yang tidak beraturan hal tersebut tentu membuat aktifitas jual beli di Pasar Singamandawa menjadi tidak nyaman.

Melihat kondisi tersebut, saya ingin merubah tatanan fisik pasar agar menjadi tempat yang nyaman untuk masyarakat mencari penghidupan dengan jalan membangun gedung pasar yang representatif,” sebutnya.

Lebih lanjut Bupati asal Susut ini, bertolak dari hal tersebut kami berupaya mengajukan permohonan dana ke pusat untuk pembangunan pasar, dan gayung bersambut permohonan kita disetujui dan dianggarkan melalui Dana DAK Bidang Perdagangan dengan nilai Rp 75 Milliar.

BACA :  Pj Bupati Jendrika Buka Lokasabha V PHDI Kabupaten Klungkung

Dana tersebut kita gunakan untuk Pembangunan Pasar Singamandawa yang pada hari ini kita lakukan peletakan batu pertama untuk proses pembangunan.

Pihaknya juga berharap pembangunan Pasar Singamandawa ini dapat benar-benar berfungsi dan dimanfaatkan oleh masyarakat. Untuk itu pihaknya menegaskan bangunan pasar harus sesuai dengan apa yang telah disusun dalam perencanaan.

“Untuk itu kita harapkan maka kepada penyedia agar dapat melaksanakan tugas pekerjaan pembangunan sesuai dengan apa yang telah dikontrakkan baik itu secara kualitas maupun kuantitas.

Begitu pula kepada PPK kegiatan dan pengawas serta tim lainnya agar melaksanakan tugas sesuai tupoksinya masing-masing sehingga tidak terdapat penyimpangan dalam proses pembangunan Pasar Singamandawa ini,” tegas Bupati kader PDIP ini.

Sementara itu, Gubernur Bali Wayan Koster dalam sambutannya mengucapkan selamat atas ground breaking pembangunan Pasar Singamandawa.

Ia menyebutkan Bali merupakan daerah yang paling bersyukur, karena beberapa kabupaten telah mendapat dana DAK, diantaranya Denpasar, Gianyar dan Bangli yang masing-masing mendapat dana sebesar Rp 75 milliar dari Pemerintah Pusat.

BACA :  Divonis 10 Tahun, Bule Rusia Dijemput Usai Bebas dari Lapas Kerobokan

“Hal tersebut merupakan bukti nyata sinergisitas dari pemerintah daerah, provinsi hingga ke tingkat pusat. Turunnya anggaran ini merupakan perjuangan yang tidak mudah yang dilakukan oleh Bupati Bangli agar bisa tembus hingga ke pusat,” ujarnya.

Gubernur Koster berharap, dengan dibangunnya Pasar Singamandawa ini, nantinya dapat meningkatkan perekonomian masyarakat Kabupaten Bangli khususnya di Kintamani. Ia juga berkomitmen agar terus dan akan berupaya untuk membantu pembangunan di Kabupaten Bangli.

Penulis: Komang Riski

Editor: Oka Suryawan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -
- Advertisment -
TS Poll - Loading poll ...

Most Popular