Diguyur Hujan Deras, Badan Jalan Banjar Tiga – Temaga Tertutup Longsor

Pihak keamanan bersama warga gotong royong membersihkan badan jalan yang tertutup longsor dan pohon tumbang
Pihak keamanan bersama warga gotong royong membersihkan badan jalan yang tertutup longsor dan pohon tumbang

BANGLI, balipuspanews.com – Akses jalan jurusan Banjar Tiga menuju Banjar Temaga, Desa Tiga, Kecamatan Susut, Bangli, Minggu (12/12/2021) malam, tertimbun material tanah longsor dan pohon tumbang. Akibat peristiwa itu akses jalan terhambat beberapa jam, sebelum akhirnya, Senin (13/12/2021) siang, akses jalan kembali normal setelah dilakukan pembersihan material longsor oleh pihak terkait.

Informasi yang terhimpun, peristiwa longsor diperkirakan berlangsung sekira pukul 20.00 WITA. Saat itu, wilayah setempat memang diguyur hujan yang cukup lebat. Selain itu, keadaan tanah yang labil sekitar lokasi juga diduga sebagai pemicu musibah longsor.

Kasi Humas Polres Bangli Iptu I Wayan Sarta yang dikonfirmasi terkait kejadian tersebut mengaku baru menerima laporan Senin, (13/12/2021) sekira pukul 08.00 WITA. Menurutnya, insiden itu mengakibatkan akses jalan tidak bisa dilalui kendaraan roda dua maupun roda empat.

Baca Juga :  Surpres Calon Panglima TNI, Puan: KSAL Laksamana Yudo Margono Pengganti Jenderal Andika Perkasa

“Personil Polsek Susut sudah turun dibantu Babinsa, Camat Susut serta warga untuk membersihkan pohon bambu dan material tanah longsor,” ungkap Sarta.

Ia menegaskan, musibah longsor tidak sampai menimbulkan korban luka maupun jiwa. Namun, hanya mengakibatkan akses jalan lumpuh beberapa jam yang mengakibatkan warga harus putar balik ketika hendak ke Pasar Kayuambua dan mencari jalur alternatif lain.

“Kalau muter jarak yang ditempuh agak lebih jauh sampai 20 menitan. Warga ada lewat jalur Penyebeh dan Temaga,” ujarnya.

Sementara itu, Kalak BPBD Bangli Ketut Gde Wiredana dihubungi terpisah mengaku proses evakuasi pembersihan material longsong berlangsung sampai Senin siang. Proses evakuasi sampai menggunakan alat berat.

Baca Juga :  Sempat Ditutup Karena Hujan Disertai Angin Kencang, Penyeberangan di Pelabuhan Gilimanuk Dibuka

“Tadi siang akses jalan sudah bisa dilalui. Alat berat milik Dinas PU diturunkan untuk membersihkan batang bambu yang berat untuk mempercepat evakuasi,” ucapnya singkat.

Penulis : Komang Riski

Editor : Oka Suryawan