Selasa, Juli 16, 2024
BerandaGianyarDiguyur Hujan, Pelebon Ida Pedanda Nyoman Temuku Dihadiri Ribuan Pengiring

Diguyur Hujan, Pelebon Ida Pedanda Nyoman Temuku Dihadiri Ribuan Pengiring

GIANYAR, Balipuspanews.com – Pelebon Ida Pedanda Nyoman Temuku berlangsung pada soma paing warigadean, Senin (27/1/2020) di halaman parkir Museum Gubuk Derita Gua Hantu tepatnya disebalah utara Griya Cebang Giri Kusuma Desa Melinggih Payangan Gianyar. Upacara pelebon yang sempat diguyur hujan ini tidak menyurutkan antusias ribuan pengiring yang hadir.

Pantauan di lokasi upacara pelebon, tampak beberapa pejabat serta sulinggih menghadiri upacara pelebon mendiang penekun ilmu wariga belog ini.

Pembasmian (pembakaran) diselenggarakan di halaman parker Museum Gubuk Derita Gua Hantu karena setiap sulinggih diharuskan melakukan upacara pelebon di tegal atau tempat milik griya, hal ini dikarenakan sulingih dianggap suci.

“Pelebon ini diadakan di tanah atau tempat milik griya adalah karena sulinggih itu suci, dipantangkan untuk dilakukan upacara di setra umum,” ujar  Ida Pedanda Gede Rai Gunung asal Griya Babakan Gianyar saat menghadiri upacara pelebon.

Upacara pelebon Ida Pedanda Nyoman Temuku tanpa menggunakan sarana bade, namun diusung menggunakan peti oleh para penyungsung serta sisya (murid) beliau.

BACA :  DPRD Gianyar Sahkan LPJ APBD 2023 Jadi Perda, PAD Gianyar Hanya Terealisasi 83,48 Persen

Setelah upacara pembasmian usai, selanjutnya dilanjutkan dengan prosesi atau upacara ngajud ke segara Masceti.(ctr/bpn/tim)/

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -

Most Popular