Ketua DPRD Kabupaten Karangasem, I Nengah Sumardi didampingi Kepala Dinas PUPR Karangasem, I Ketut Sedana Merta dan Kabib Bina Marga Prama Budarta serta Kasi Ketut Bagiarta pagi ini meninjau langsung kondisi salah satu ruas jalan yang berada di Dusun Paleg, Desa Tianyar, Kubu, Karangasem
Ketua DPRD Kabupaten Karangasem, I Nengah Sumardi didampingi Kepala Dinas PUPR Karangasem, I Ketut Sedana Merta dan Kabib Bina Marga Prama Budarta serta Kasi Ketut Bagiarta pagi ini meninjau langsung kondisi salah satu ruas jalan yang berada di Dusun Paleg, Desa Tianyar, Kubu, Karangasem

KUBU,Balipuspanews.com – Ketua DPRD Kabupaten Karangasem, I Nengah Sumardi didampingi Kepala Dinas PUPR Karangasem, I Ketut Sedana Merta dan Kabib Bina Marga Prama Budarta serta Kasi Ketut Bagiarta pagi ini meninjau langsung kondisi salah satu ruas jalan yang berada di Dusun Paleg, Desa Tianyar, Kubu, Karangasem, Senin (15/4/2019).

Peninjauan ini dilakukan menindaklanjuti keluhan warga atas kondisi jalan yang bertahun tahun rusak berat tak kunjung mendapatkan perbaikan dari pemerintah.

sewa motor matic murah dibali

Saat tiba dilokasi, Sumardi mendapati kondisi jalan yang sangat memperihatinkan dimana pada beberapa titik aspal terlihat mengelupas serta batu batu kancing pondasi aspal yang berukuran lumayan besar juga nampak terlepas dan berserakan.

Sementara itu, kedatangan ketua DPRD Karangasem dan rombongan diterima oleh Kepala Desa Ban, I Wayan Potag dan Kelian Desa Pakraman Paleg Kelod, I Nyoman Reken. Menurut Reken, jalan tersebut mulai rusak sekitar 10 tahun yang lalu hingga saat ini belum mendapatkan perbaikam, padahal peran jalan tersebut dirasa sangat penting bagi warga.

Ungkapan senada juga disampikan oleh Perbekel Desa Ban, I Wayan Potag bahwa peran jalan yang berstatus jalan Kabupaten ini sangat penting, disamping perannya menjadi jalur efakuasi warga jika terjadi erupsi Gunung Agung, jalan ini juga sebagai penyambung ekonomi warga, anak anak kesekolah dan mengakses pelayanan kesehatan.

Selain itu, jika diperbaiki, akses jalan yang juga tembus ke obyek Wisata Truyan Hill di Kebupatan Bangli ini berpotensi untuk pengembangan pariwisata bahkan dari pihak pengelola Truyan Hill sendiri siap untuk bekerjasama asalkan jalan tersebut harus diperbaiki dahulu.

“Jalan ini panjangnya sekutar 5 km. Dibawah sekitar 3 kilometer sudah hotmik sedangkan sekitar 2 kilometer masih dalam kondisi rusak,” ujarnya.

Ketua DPRD Karangasem Nengah Sumardi mengaku prihatin dengan kondisi jalan tersebut padahal dengan adanya jalan tersebut ada peluang ekonomi lebih baik bagi masyrakat. Selaku lembaga, dirinya mengatakan akan berupaya untuk mengawal anggaranya di Dewan agar jalan tersebut bisa mendapat perbaikan seperti yang diharapkan masyrakat.

“Potensi yang ada sangat bagus, antusias warga masyarakat juga tinggi, ini harus kita dukung,” kata Sumardi.

Terkait kondisi jalan tersebut, Kepala Dinas PUPR, Ketut Sedana Merta sendiri mengakui kalau belum melakukan perencanaan terkait peningkatan jalan tersebut. Untuk bisa diperbaiki pihaknya mengaku akan menganggarkan di perubahan.

“Diperubahan nanti akan kita garap DED nya, dengan DED sudah selesai di perubahan maka pada anggaran Induk 2020 bisa mulai dilaksanakan,” kata Sesana Merta.

Dijelaskan Sedan Merta, jalan ini sendiri sempat diusulkan untuk dapat BKK termasuk 12 ruas jalan lainnya di Kabupaten Karangasem, hanya saja sampai saat ini belum bisa sampai ke jalan di Paleg tersebut. (suar/adv/bpn/tim)

Tinggalkan Komentar...