Lokasi penuh dengan tumpukan sampah.
sewa motor matic murah dibali

NEGARA, balipuspanews.com- Perbatasan desa Tegalbadeng Timur dengan Lingkungan Terusan, kelurahan Lelateng, Negara tampak jorok.

Sebab, lokasi itu penuh dengan tumpukan sampah.

Sampah campuran termasuk sampah plastik yang dibuang oleh oknum warga itu menumpuk di ;ahan milik warga seluas satu are di timur perbatasan. Saking banyaknya, maka sampai meluber di pinggir jalan.

Pemandangan jorok itu selain menganggu penguna jalan juga dikeluhi warga.

“Dulu saat tidak ada sampah disini. Tapi sekarang sampah menumpuk dan meluber ke jalan,” ujar Wayan Suka salah seorang warga. Menuritnya sebelumnya memang ada tempat pembuangan sementara (TPS) disebelah timur lahan itu.

Namun TPS itu ditutup dan dijadikan bank sampah sehingga warga yang biasanya membuang sampah di TPS itu kehilangan tempat membuang sampah.

“Namun sejak ditutup dan jadi bank sampah sekarang di sungai sudah agak bersihtetapi sekarang sampah meluber disini,” ungkapnya.

Diperkirakan yang membuang sampah memang tidak hanya oknum warga Terusan saja namun juga warga dari luar. Bahkan ada yang diperkirakan sengaja sambil berangkat kerja membuang sampah disana.

“Mungkin karena dilihat ada tumpukan sampah maka ada yang ikut-ikutan membuang sampah disana,” jelasnya.

Sementara Kepala Dinas LH Wayan Sudiarta ketika dikonfirmasi senin (14/10) mengatakan masalah sampah memang menjadi permasalahan serius di Jembrana. Namun masalah sampah itu tidak bisa hanya ditangani dinas LH karena keterbatasan tenaga kebersihan, tenaga yang ada saat ini hanya 150 orang ditambah lagi terbatsannya sarana dan prasarana yang ada.

“Yang membuang sampah bukan dari warga Lelateng saja namun wilayah lain juga dan memang sulit dipantau. Dibutuhkan kesadaran warga untuk tidak membuang sampah sembarangan,” ungkapnya.(nm/bpn/tim)