GIANYAR, balipuspanews.com- Seorang warga negara asing, Pamela Gertrude Gilelett (94) meninggal dunia di Villa Sawah Indah jalan Sri Wedari no.888 Lingkungan Tegallantang, Kelurahan dan Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar.

Diperkirakan selain sakit yang dideritanya, usia yang telah lanjut menjadi Penyebab kematian bule asal Australia tersebut. Meski tidak terindikasi terjangkit virus Corona, demi keselamatan petugas tim satgas Covid-19 diturunkan lengkap dengan ADP, Rabu (1/4).

Dari hasil olah TKP pihak kepolisian yang dapat dihimpun, warga negara asing kelahiran 1925 silam berkelamin perempuan tersebut meninggal sekitar pukul 05.49 wita, bertempat di Alamat sementara Villa Sawah Indah jalan Sri Wedari no.888 Lingkungan Tegallantang, Kelurahan dan Kecamatan Ubud. Kematian WNA tersebut pertama kali di ketahui oleh Saksi Ni Made Risma Widyastuti (28) yang merupakan perawat Home Care, yang merawat WNA tersebut selama usianya.

Disebutkan, pada hari Selasa (31/3) lalu sekitar pukul 20.00 wita, kesadaran korban Pamela Gertrude Gillett, menurun selanjutnya saksi Ni Made Risma Widyastuti mendampingi korban Pamela Gertrude Gillett, Karena usia tua. Rabu (1/4) pkl.05.00 wita, napas korban Pamela Gertrude Gillett, menurun dan lemah selanjutnya saksi Ni Made Risma Widyastuti megecek kondisi korban, namun tidak dengan mengecek tensi karena tidak memiliki alat satunasi Oksigen.

Kemudian saksi menghubungi Holmes Jaqueline Anne yang merupakan teman dekat dan diberi kuasa oleh korban, untuk memberitahu bahwa kondisi korban menurun dan napas lemah. Hasilnya kondisi korban diketahui telah hilang Napas dan Denyut Nadi.

Selanjutnya, mereka menghubungi Clinic Ubud Care, hasil pemeriksaan dokter Clinic Ubud Care korban telah dinyatakan meninggal dunia. Kemudian saksi melaporkan kejadian tersebut ke mapolsek Ubud.

Ditengah situasi Covid-19, menghindari hal yang tidak diinginkan, tim Covid-19 PMI Kab Gianyar yajg dipimpin oleh I Made Loka diturunkan langsung untuk mengevakusi jenazah korban selanjutnya dibawa ke RSUP Sanglah Denpasar dengan mobil ambulance PMI Kab Gianyar guna dilaksanakan pemeriksaan lebih lanjut.

Kapolsek Ubud AKP.I Gede Sudiyatmaja,SH.MH., saat dikonfirmasi membenarkan adanya WNA meninggal di Ubud dan mengatakan tidak ada gejala terserang virus Corona. Secara pasti belum di ketahui namun ada dugaan korban meninggal dunia karena mengalami sakit Urat Kejepit dan sakit Batu Ginjal dan faktor usia lanjut (usia 94 thn). “Tidak ada hubungan dengan Corona, itu murni sakit karena usia, dia kelahiran 1925, mayat sudah dibawa ke RSUP Sanglah” Ujarnya singkat.

Rencana pihak kuasa, setelah tim medis dari rumah sakit RSUP Sanglah Denpasar selesai melakukan pemeriksaan medis rencananya jenazah korban Pamela Gertrude Gillett akan di kremasi Kerta Semadi Mumbul Badung. (Ctr/BPN/tim)