Aktivitas transaksi di Pasar Umum Gianyar. - Foto: ketut Catur Kusumaningrat.
sewa motor matic murah dibali

GIANYAR, Balipuspanews.com – Pelarangan penggunaan kantong plastik sekali pakai sesuai Peraturan Gubernur (Pergub) nomor 97 tahun 2018 tentang Pembatasan Timbulan Sampah Plastik Sekali Pakai mulai bulan Juli 2019 ini sudah mulai diberlakukan. Hal ini membuat beberapa pedagang di Pasar Gianyar sedikit masih mengalami kesulitan.

Made Suari salah satu pedagang buah di Pasar Umum Gianyar menjelaskan bahwa dirinya mengalami kesulitan dalam membungkus buah untuk pembelinya, ini karena kebanyakan pembeli masih tidak membawa tas dari rumah.

“Tiang kesulitan terkait itu, bingung saat akan membungkus buah kepada pembeli. Pembeli juga tidak bawa tas dari rumah, malah bingung tiang, ” katanya saat ditemui Balipuspanews.com, Minggu (7/7).

Dirinya mengungkapkan saat awal juli sudah ada petugas yang menyosialisasikan terkait larangan penggunaan plastik sekali pakai di Pasar Umum Gianyar.

“Awal awal sudah ada sosialisasi kesini, dari petugas mana saya kurang memperhatikan, ” ungkapknya.

Namun terlepas dari dirinya mengalami kesulitan terkait penggunaan plastik sekali pakai,  namun dirinya mengaku menyambut dan mendukung baik program Pemerintah Provinsi Bali tersebut karena dinilai berdampak sangat baik terhadap lingkungan.

“Tiang menyambut baik peraturan bapak Gubernur ini,  lingkungan menjadi lebih bersih dan jauh dari pencemaran, ” ujarnya.

Dikonfirmasi,  Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Gianyar Wayan Kujus Pawitra mengungkapkan bahwa pihaknya sudah melakukan sosialiasi terkait peraturan Gubernur nomor 97 tahun 2018 ini dan akan lebih giat lagi untuk melakukan sosialisasi  kepada masyarakat.

“Kami sudah sering melakukan sosialisasi terkait penggunaan plastik sekali pakai,  namun ini akan lebih seting kami lakukan, ” ucapnya. (catur/bpn/tim).