Audensi bedah buku
Advertisement
download aplikasi Balipuspanews di google Playstore

Tabanan, balipuspanews.com -Tim  penyusunan buku penelitian tentang eksistensi sejarah Bedugul diterima Bupati Tabanan diwakili Kepala Dinas  Pariwisata Tabanan, I  Made Yasa.

“Tim buku Bedugul dan memberikan apresiasi tinggi kepada Perguruan Tinggi Universitas Mahendradatta Denpasar telah melaksanakan Tri Dharma Perguruan  Tinggi bidang pengabdian sosial masyarakat dengan penelitian kontek sejarah Bali dan di Tabanan khususnya,” kata I Made Yasa.

Ia  mengatakan dengan diterbitkan buku tentang sejarah Bedugul menambah kepustakaan sejarah yang ada di Tabanan.

“Kami apresiasi positif kegiatan penelitian pengabdian sosial yang dilakukan para Dosen dan mahasiswa Universitas Mahendradatta seperti ini “ ujar Made Yasa sambil menelaah Cover buku sejarah Bedugul.

Lebih lanjut disampaikan  launcing dan penyebaran buku tepat saat ini kalau dikaitkan dengan event festival Ulun Danu bulan Juni mendatang .Dan kegiatan itu juga nanti ada pameran.

“Silahkan bapak bapak bersedia berpartisifasi untuk pameran buku buku sejarah, apalagi tentang Sejarah bedugul , ini moment tepat “ ujar Made Yasa.

Menurutnya Danau Bedugul sangat eksotik dan penyerap kunjungan pariwisata kedua setelah dinasti unggul Pura Tanah Lot.

Banyak peninggalan kuno di Tabanan perlu di explore eksistensinya , Desa Kaba-Kaba Kecamatan Kediri juga desa yang tercatat dalam Babad Dalem masih tersimpan dalam bentuk lontar inipun perlu diangkat ,Tabanan kedepan rentra untuk membangun  desa Wisata termasuk situs wisata puri .

Sementara ketua Tim penyusun buku  Bapak Agung Arjawa SH.MH meyampaikan audensi tim buku Bedugul  dilaksanakan kepada Bupati Kepala Daerah Tabanan , karena Bupati adalah pemimpin sekaligus stake holder wilayah Bedugul.

Kegiatan ini akan ditindaklanjuti dengan launcing bedah buku Bedugul pada tanggal 18 April di Kantor Bupati dan pada tanggal 23 April serah terima hasil karya penelitian kepada Pemerintah Daerah dan masyarakat Bedugul.

Sementara ketua LPPM Universitas Mahendradatta Denpasar bapak Dr. AA Ngurah Bima Wikrama, yang sering dipanggil “Turah Bima “ penyusunan buku ini bagian kegiatan Program Pengabdian Masyarakat UNMAR .

“Kami harus mendapat nilai lebih dari setiap kegiatan kerja sosial berupa buku sejarah, Perguruan Tinggi Universitas Mahendradatta Denpasar sudah memiliki puluhan buku penelelitian sejarah untuk melengkapi sumber informasi dan kepustakaan daerah khususnya terkait dengan eksistensi kebangkitan Hindu ,  “kata Turah Bima.

Tim Buku Bedugul selain Ketua Tim dan LPPM juga hadir Dekan FE. Dewa Usadha , jajaran dekan lainnya  Ketut Merta, Ibu Herry, bapak Junisatra, Ibu Sutiani .

 

 

Tinggalkan Komentar...