Kepala Dinas Kesehatan Kota Denpasar dr Luh Putu Sri Armini
sewa motor matic murah dibali

Denpasar, balipuspanews.com – Kepala Dinas Kesehatan Kota Denpasar dr Luh Putu Sri Armini menyatakan bahwa mengkonsumsi sayur dan buah, merupakan salah satu syarat mutlak untuk mendapatkan gizi seimbang untuk mewujudkan generasi berkualitas.

“Karena sayur dan buah mengandung berbagai sumber vitamin dan mineral serta serat pangan yang berfungsi sebagai antioksidan atau penangkal senyawa jahat dalam tubuh. Untuk itu biasakan menkonsumsi buah dan sayur sejak dini,” ujar dr Luh Putu Sri Armini, saat membuka Seminar Sehari Memperingati Hari Gizi Nasional di Kota Denpasar di Ruang Praja Utama, Rabu (22/2).

Dikatakannya, bahwa masyarakat perlu meningkatkan kebiasaan menkonsumsi buah dan sayur melalui pembinaan dan sosisalisasi, sehingga tercipta tumbuh kembang anak yang baik.

Lebih lanjut dr Armini mengatakan, melalui seminar memperingati Hari Gizi Nasional dan menyambut HUT ke-229 Kota Denpasar diharapkan menambah wawasan serta pengetahuan masyarakat terkait pola hidup sehat dengan membiasakan menkonsumsi buah dan sayur, sehingga generasi selanjutnya dapat menerapkan pola hidup sehat sejak dini.
Sesuai anjuran Badan Kesehatan Dunia (WHO) agar anak dapat mengkonsumsi sayur dan buah setiap harinya minimal 400 gram, setara dengan 2,5 porsi gelas sayur yang dimasak atau sama dengan tiga buah pisang.

Sementara untuk memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral serta serat dalam tubuh, anak juga dianjurkan setiap hari konsumsi minimal 3- 4 gelas porsi sayur dan 2-3 potong porsi buah. Yang perlu diperhatikan juga bahwa pemenuhan gizi seimbang pada keluarga sangatlah penting untuk pertumbuhan dan perkembangan otak anak menjadi optimal.

Supaya masyarakat mengetahui pentingnya manfaat sayur dan buah untuk kesehatan. Maka dalam seminar ini melibatkan 100 orang dari lintas program dan lintas sektor terkait dengan pelaksana program seksi kesga dan Gizi Dinas Kesehatan Kota Denpasar, Puskesmas se-Kota Denpasar dan kader Posyandu. Mereka yang kembali bertugas memberikan sosialisasi kepada masyarakat.

TINGGALKAN PESAN

Please enter your comment!
Please enter your name here