Advertisement
download aplikasi Balipuspanews di google Playstore

Singaraja, balipuspanews.com — Sebanyak 700 Kepala Keluarga (KK) dari 70 Kelompok Usaha Bersama (KUBE), akan digelontor dana sebagai modal usaha dari Kementerian Sosial (Kemensos) RI sebagai langkah menangulangi kemiskinan di Buleleng.

Data dihimpun, total ada 70 KUBE di Kecamatan Gerokgak dan Kecamatan Tejakula, Kabupaten Buleleng. Masing-masing KUBE beranggotakan 10 KK itu, nantinya akan mendapatkan bantuan dana masing-masing sebesar Rp 25 juta dari Kementerian Sosial RI.

Kabar menggembirakan, bantuan itupun bakal segera dicairkan dalam waktu dekat ini.  Program ini merupakan program percepatan pengentasan kemiskinan untuk masyarakat tinggal di pesisir Buleleng.

Sebelum dana bantuan tersebut dicairkan, Nyoman Mariani Febrianti, S.Sos. M.A.P  selaku Kepala Bidang (Kabid) Pemberdayaan Sosial dan Penanganan Fakir Miskin Dinas Sosial Buleleng didampingi Tim dari Kemensos RI, Surandi merupakan staf Direktorat Penanganan Fakir Miskin Kemensos RI bersama Haris Johan Mardika selaku Operator Data Dit. PFM, PPK dan PAN turun melaksanakan monitoring dan mengevaluasi Kube di Kecamatan Gerokgak dan Tejakula, pada Senin (26/11).

Kabid Mariani mengatakan, setiap KUBE akan menerima bantuan sebesar  Rp 25 juta. Bantuan itu selanjutnya akan dikelola sebagai modal usaha.

“Program ini sekali lagi merupakan program percepatan pengentasan kemiskinan di Buleleng. salah satunya bagi warga tinggal di kawasan pesisir Kecamatan Tejakula dan Gerokgak. Tidak hanya menyasar nelayan, namun warga tergolong miskin berdasarkan data dari BDT (Basis Data Terpadu) Kemensos RI. Lalu, dana yang diterima akan di kelola langsung oleh anggota kube itu sendiri, sesuai dengan kesepakatan mereka. Ya, boleh dibelikan hewan babi atau kambing, intinya dikelola sesuai kesepakatan dari masing – masing KUBE itu sendiri” ungkap Kabid Maria, Selasa (27/11).

Kabid Maria merinci, terdapat 700 KK tergabung dalam 70 KUBE tersebar di Kecamatan Gerokgak dan Tejakula. Satu KUBE beranggotakan 10 orang itu, notabene masyarakat miskin yang tinggal kawasan pesisir.

“Rincian penerima bantuan dana KUBE, Kecamatan Gerokgak 400 KK (40 KUBE), sedangkan Kecamatan Tejakula 300 KK (30 KUBE),” imbuhnya.

Selain bantuan dana KUBE, Kemensos juga memberikan bantuan dana untuk saluran lingkungan (Sarling) yang berupa pembuatan selokan, MCK dan juga program bantuan rehab rumah dengan besaran bantuan Rp 15 juta.

“Dana sarling ini diberikan sesuai dengan permintaan dari masing – masing KUBE. Ada 3 KUBE penerima dana sarling di Kecamatan Tejakula. Setiap KUBE menerima Rp 50 juta,“ tutupnya.

Advertisement

Tinggalkan Komentar...