Jumat, Februari 23, 2024
BerandaGianyarDipercaya Sebagai Ketua Pokdarwis, Pasek Adiputra Rancang Desa Tegallalang Jadi Desa Digital 

Dipercaya Sebagai Ketua Pokdarwis, Pasek Adiputra Rancang Desa Tegallalang Jadi Desa Digital 

GIANYAR, balipuspanews.com – I Wayan Pasek Adiputra,SS dipercaya menjadi Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Tegallalang, Kecamatan Tegallalang, Gianyar, Bali periode 2021- 2026. Terpilihnya owner Penusuan Tourism Academy Tegallalang ini sudah diprediksi jauh hari sebelumnya.

Pasalnya, Pasek Adiputra dan LPK Venus One yang dipimpinnya dikenal getol memprakarsai dan melakukan berbagai aksi sosial terutama masalah sampah.

Selain punya empati terhadap lingkungan, Pasek Adiputra juga dikenal punya relasi yang kuat di sektor pariwisata. Pengukuhan Pokdarwis Desa Tegallalang berlangsung di Uma Ceking, Rabu (3/3/2021).

Pengukuhan dilakukan Perbekel Tegallalang AA Raka Ardana. Hadir dalam acara tersebut, Camat Tegallalang Alit Adnyana, Koordinator Pembina P3MD Provinsi Bali Jero Kadek Suardika, Sekretaris Masata Bali Ketut Suabawa, Ketua BPD Desa Tegallalang, Bendesa Adat Tegallalang, Kelian Dinas dari 7 banjar Dinas di Desa Tegallalang dan undangan penting lainnya.

Wayan Pasek Adiputra menyebutkan, keberadaan Pokdarwis di desa diharapkan bisa membantu meningkatkan kesadaran masyarakat tentang Sapta Pesona.

Sapta Pesona yang dimaksud demikian Pasek adalah Kemanan, Ketertiban, Kebersihan, Kesejukan, Keindahan, Keramahan, dan Kenangan.

BACA :  Danamon Hadirkan Solusi Bebas Galau Finansial dan Anti Sulit di IIMS 2024

“Kenangan unsur terakhir dalam Sapta Pesona adalah hal penting ketika ada kunjungan wisata ke desa Tegallalang. Bagaimana pengunjung bisa memberi kesan yang baik. Sehingga mereka bisa menceritakan hal-hal positif bagi desa Tegallalang. Dengan demikian, suatu saat nanti mereka bisa datang lagi bersama saudara dan temannya,” sebut Pasek.

Selain konsen terhadap lingkungan, Pasek akan berkoordinasi dengan pihak terkait agar desa Tegallalang menjadi desa digital. Dengan demikian, semua data desa bisa diakses publik termasuk berbagai obyek wisata yang ada di Tegallalang.

Sementara Perbekel Desa Tegallalang AA Raka Ardana mengaku mendukung penuh keberadaan Pokdarwis di wilayahnya. Sebagai bentuk dukungan, Ardana mengaku akan menganggarkan kegiatan Pokdarwis melalui dana desa.

Jro kadek Suhardika dari P3MD Bali menekankan, peran dan fungsi Pokdarwis adalah untuk mengembangkan, melestarikan menggali potensi yang ada di desa. Baik wisata alam, budaya, kuliner dan spiritual. Menurutnya, dengan memelihara alam akan berbonus pariwisata.

Sedangkan Ketut Suabawa dari Masata menyebutkan, bahwa pilar pembangunan ada tiga yaitu, pemerintah, masyarakat dan swasta.

BACA :  Mahfud Md Nilai Baik Hadi Tjahjanto

Tiga pilar ini kata Suabawa, harus berkolaborasi untuk mencapai tujuannya yang ingin dicapai desa. Pentingnya desa wisata yang menjadi bagian dari usaha Bumdes.

Lebih jauh kata Suabawa, secara hirarki Pokdarwis berada dibawah kementerian pariwisata. Dan, desa wisata dibawah Kementrian Desa.

Pokdarwis menurutnya adalah kegiatan polentir berbasis kesadaran. Sedangkan desa wisata adalah unit usaha yang bisa menambah PAD Desa. Dalam perjalanannya, salah satu indikator keberhasilannya terlihat dari peningkatan PAD Desa.

Penulis/Editor : Oka Suryawan

RELATED ARTICLES

ADS

spot_img

ADS

- Advertisment -
- Advertisment -

Most Popular