Dipicu Kotoran Hewan, Bule Belanda dan Inggris Nyaris Duel

Forum Sipandu Beradat saat mendamaikan kedua WNA yang sempat bersitegang gara-gara binatang peliharaan buang kotoran
Forum Sipandu Beradat saat mendamaikan kedua WNA yang sempat bersitegang gara-gara binatang peliharaan buang kotoran

BULELENG, balipuspanews.com – Bule Belanda Berctus CV,70, dan bule Inggris Matthew JB,66, bersitegang dan nyaris duel, Kamis (29/9/2022). Pemicunya sangat sepele. Berctus tidak terima binatang peliharaan milik Matthew masuk dan buang kotoran di pekarangan rumah miliknya.

Akibat kesalahpahaman itu, kedua Warga Negara Asing (WNA) yang tinggal di Desa Panji, Kecamatan Sukasada ini pun hampir berduel. Sebelum akhirnya keduanya dimediasi oleh Forum Sipandu Beradat untuk mencegah terjadinya permasalahan yang lebih besar lagi.

Kapolsek Sukasada Kompol Made Agus Dwi Wirawan menyampaikan kedua WNA yang statusnya masih tinggal bertetangga ini, akhirnya sepakat berdamai setelah dilakukan pertemuan antara keduanya difasilitasi oleh Forum Sipandu Beradat.

Baca Juga :  Pantau Situasi Lalu Lintas Menjelang Nataru, Kapolres Buleleng Bagikan Helm Gratis

Untuk mencegah adanya kemungkinan-kemungkinan yang nantinya terjadi kembali diantara keduanya maka dalam pertemuan itu keduanya diminta menandatangani surat perjanjian.

Kemudian berkaitan dengan hewan peliharaan masing-masing pemilik telah menyanggupi untuk menaruh di kandang dengan baik sehingga tidak mengganggu kenyamanan tetangga lainnya.

“Masalah kecil gara-gara binatang peliharaan milik Matthew masuk ke pekarangan dan buang kotoran. Itu yang membuat Berctus tidak terima dan sempat beradu argumen,” jelasnya.

Kompol Agus Dwi pun menjelaskan melalui Program Sipandu Beradat Bhabinkamtibmas siap bersinergi dengan Desa Adat dan Desa Dinas. Sehingga dapat secara efektif untuk menyelesaikan suatu permasalahan di Desa tanpa harus datang dan melapor ke kantor polisi.

Baca Juga :  UKM Naik Kelas, Pelaku UMKM Diminta Distribusikan Produk Melalui Kanal Digital

“Lewat Program Sipandu Beradat ini desa pun menjadi aman dan kondisi tetap terjaga dengan baik,” pungkasnya.

Penulis : Nyoman Darma

Editor : Oka Suryawan